Liga Indonesia

Buka-bukaan Hamka Hamzah Soal Kejadian Kontroversial di Piala AFF 2010

Kamis, 9 April 2020 02:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/Indosport.com
Buka-bukaan Hamka Hamzah Soal Kejadian di Piala AFF 2010 Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Buka-bukaan Hamka Hamzah Soal Kejadian di Piala AFF 2010

INDOSPORT.COM - Bek senior timnas Indonesia, Hamka Hamzah, tengah buka-bukaan mengenai kejadian di final Piala AFF 2010 lalu.

Hamka Hamzah merupakan pesepak bola profesional yang sangat cerdas dalam mempertahankan lini belakang. Mantan pemain Arema FC ini pernah membela timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2010.

Bersama Cristian Gonzales, Maman Abdurrahman, Bambang Pamungkas skuat Garuda saat itu melaju kencang hingga final.

Sayangnya, harapan menjadi juara Piala AFF 2010 harus sirna karena Indonesia tak mampu mencetak gol ke gawang Malaysia yang saat itu menjadi lawan.

Alhasil Indonesia harus puas dengan gelar runner-up. Belum pulih dari kekecewaan karena tak bisa mendapatkan gelar juara, para pemain timnas Garuda mendapat cemoohan dari sebagian masyarakat Indonesia.

Sebagai pemain yang vokal bersuara, Hamka Hamzah menjadi orang yang berdiri di garda terdepan untuk membela teman-temannya yang difitnah.

Akhirnya Hamka melalui video yang diunggah oleh Ryan D’Masiv di kanal youtube, buka-bukaan mengenai fakta kejadian Piala AFF 2010 lalu.

Hamka mengatakan bahwa dirinya beserta para jajaran PSSI dan pemain timnas Indonesia juga merasakan kekecewaan yang sama dengan masyarakat Indonesia karena gagal mendapatkan gelar juara.

“Dari semua jajaran petinggi PSSI hingga kita para pemain juga merasakan kekecewaan mendalam. Jadi jangan sangka kalau kita melakukan pertandingan settingan,” kata eks pemain PSM Makassar itu.

Hamka juga menjelaskan detail proses terciptanya gol yang dicetak oleh Malaysia saat itu. Sebagai pemain belakang, dia sangat mengetahui posisi Maman Abdurrahman yang membiarkan lolos pemain depan Malaysia.

“Sebagai pemain belakang saya tau posisi Maman saat itu memang sudah tepat, namun striker dari Malaysia yang lebih pintar,” tambahnya.

Hamka Hamzah membantah semua tudingan bahwa para pertandingan final Piala AFF 2010 tidak ada yang diatur, semua murni dan Timnas Indonesia memang kalah.

“Tidak ada final setting, semua itu murni dan kita juga kecewa karena kalah dari Malaysia di Final Piala AFF 2010 lalu, jadi semua omongan yang menganggap kita settingan sudah terbantahkan,” tegasnya

Hamka Hamzah kini berseragam Persita Tangerang yang tahun ini merupakan tim promosi dari Liga 2 ke kasta tertinggi Liga 1.

Sayangnya, hanya sempat melakoni tiga pertandingan bersama Persita Tangerang, Hamka harus diliburkan sementara waktu karena Liga 1 ditangguhkan sampai waktu yang belum ditentukan.