Bola Internasional

4 Kelakuan Kontroversial yang Pernah Dilakukan oleh Maradona

Jumat, 10 April 2020 09:07 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yohanes Ishak
© thenational
Diego Maradona adalah salah satu sosok yang terkenal memiliki kelakuan di luar nalar. Copyright: © thenational
Diego Maradona adalah salah satu sosok yang terkenal memiliki kelakuan di luar nalar.

INDOSPORT.COMDiego Armando Maradona adalah salah satu figur yang memang terkenal memiliki kelakuan di luar nalar, ceplas-ceplos dan seringkali mengeluarkan pernyataan-pernyataan berbau kontroversial.

Beberapa di antaranya dilupakan publik dan hanya dianggap angin lalu, namun tak sedikit juga yang mengingatnya sampai sekarang.

Dilansir dari Marca, berikut adalah 3 kelakuan kontroversial yang pernah dilakukan oleh pemain yang terkenal memiliki ‘Tangan Tuhan’ ini. Kelakuan-kelakuannya ini bahkan masih diingat oleh banyak pihak sampai sekarang.

“Saya seperti Zombie”

Pernyataan ini keluar ketika dirinya sedang melakoni sesi wawancara dengan TyC Sports. Narkoba adalah salah satu hal yang menjeratnya dengan erat di masa mudanya dulu.

Dalam salah satu wawancara dengan salah satu majalah Italia, Gente pada tahun 1996, Maradona pernah menyatakan bagaimana perjuangannya untuk lepas dari kokain yang menurutnya membuat kehidupannya tidak lagi berarti.

Pernah menodongkan senapan angin pada para wartawan

Kejadian ini terjadi pada tahun 1994 sebelum Maradona diketahui positif mengonsumsi kokain. Saat itu, dirinya menodongkan senapan angin kepunyaannya pada para wartawan yang berada di depan rumahnya.

Kejadian ini berulang pada tahun 2013, namun bukan senapan yang menjadi senjatanya. Kali ini senjatanya adalah batu yang dilempar ke kerumunan wartawan. Tak hanya melempar batu, Maradona juga dikabarkan menendang salah satu wartawan yang ada di situ.

Adu jotos di atas lapangan

Terjadi pada final Copa del Rey tahun 1984. Saat itu, Maradona yang masih berseragam Barcelona bertemu dengan Athletic Bilbao.

Dirinya terlibat adu jotos dengan Miguel Angel Sola, salah satu pemain Bilbao. Hasilnya Maradona harus menjalani sanksi larangan bertanding selama 3 bulan. Alih-alih taat dan menjalaninya dengan baik, dirinya malah memutuskan untuk hengkang ke Napoli.

Gol Tangan Tuhan

Inilah aksinya yang besar kemungkinan bakal selalu dikenang sepanjang masa di dunia sepak bola. Maradona pernah mencetak gol dengan tangan untuk Timnas Argentina di babak perempatfinal Piala Dunia 1986 Meksiko saat melawan Timnas Inggris.

Menariknya, wasit yang memimpin pertandingan itu mengesahkan gol tersebut sehingga menyebabkan Timnas Argentina menang atas Inggris, bahkan berhasil keluar menjadi juara dengan mengalahkan Timnas Jerman di babak final.

Usai pertandingan, Diego Maradona mengaku gol tersebut tercipta berkat sentuhan kepalanya sedikit dan juga sentuhan dari Tangan Tuhan. Hingga detik ini, pastinya gol Tangan Tuhan Maradona itu bakal selalu diingat di dunia sepak bola.

1