Liga Indonesia

Mengejutkan! Klub Bertabur Bintang Liga 2 Bakal Pangkas Gaji 85 Persen

Jumat, 10 April 2020 13:01 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengambil langkah tergas terkait kinerja Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengambil langkah tergas terkait kinerja Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari klub bertabur bintang Liga 2, Persis Solo. Manajemen tim Laskar Sambernyawa berencana memangkas gaji para pemain hingga 85 persen.

Pemotongan itu buntut dari dampak terhentinya kompetisi akibat pandemi corona. PSSI juga mempersilahkan kepada klub membayar gaji maksimal 25 persen untuk bulan Maret hingga Juni.

"Rencananya kurang lebih gaji pemain 15-20 persen yang dibayarkan. Namun, semua belum final, masih menunggu keputusan dari Pak CEO (Azmi Alqomar)," kata Manajer Persis, Hari Purnomo, Kamis (09/04/20).

Dia memaparkan, besaran persentase potongan gaji yang dilakukan, tak lepas dari kondisi keuangan klub. Hari mengklaim sejumlah klub Liga 2 lain juga memberikan pengurangan gaji yang sama, yakni di kisaran 80-85 persen.

"Kami sudah cek tim-tim lain, rata-rata mereka memberikan maksimal 20 persen gaji. Istilahnya klub dan pemain sama merasakan berbagi walaupun kecil. Semua dirugikan adanya dampak pandemi corona ini," ujar pria yang juga seorang pengusaha tersebut.

Hari tak menampik, pengeluaran yang dilakukan manajemen cukup besar jika melihat komposisi pemain musim ini. Sebab, separuh lebih personel Persis berasal dari jebolan Liga 1.

"Untuk itu, perlu mempertimbangkan keseimbangan finansial karena tidak ada pemasukan karena penundaan kompetisi. Namun, untuk keputusan finalnya tetap nanti Pak CEO," tegasnya.