Bola Internasional

Pesaing Andritany, Ini Calon Kiper Naturalisasi Vietnam yang Mentas di Kasta Tertinggi Liga Eropa

Jumat, 10 April 2020 16:51 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Andritany Ardhiyasa akan punya pesaing dalam level Asia Tenggara, sebab ada calon kiper naturalisasi Vietnam yang mentas di kasta tertinggi Liga Eropa. Copyright: © INDOSPORT
Andritany Ardhiyasa akan punya pesaing dalam level Asia Tenggara, sebab ada calon kiper naturalisasi Vietnam yang mentas di kasta tertinggi Liga Eropa.

INDOSPORT. COM - Andritany Ardhiyasa mungkin akan segera punya pesaing dalam level sepak bola Asia Tenggara, sebab ada calon kiper naturalisasi Vietnam yang mentas di kasta tertinggi Liga Eropa.

Nama Andritany Ardhiyasa memang tenar sebagai andalan utama Timnas Indonesia. Andritany Ardhiyasa hampir selalu mengawal gawang Skuat Garuda untuk mengarungi laga-laga internasional.

Setidaknya ada tiga ajang besar yang menjadikan Andritany Ardhiyasa sebagai kiper utama, yakni Asian Games 2018, Piala AFF 2018, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Andritany Ardhiyasa hanya beberapa kali saja dirotasi dengan penjaga gawang lainnya.

Ketangguhan Andritany Ardhiyasa tampaknya bakal segera punya saingan dalam level sepak bola Asia Tenggara. Vietnam, salah satu negara yang kerap bersikutan dengan Timnas Indonesia, diketahui memiliki calon kiper naturalisasi dengan reputasi mentereng.

Sosok kiper yang dimaksudkan bernama Filip Nguyen. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu merumput bersama tim kasta tertinggi Liga Republik Ceko, Slovan Liberec.

Filip Nguyen musim ini tampil reguler dengan catatan 22 penampilan dan empat kali clean sheets. Peran Filip Nguyen juga mampu membawa timnya, Slovan Liberec, menghuni peringkat tujuh klasemen Liga Republik Ceko, atau masuk zona Liga Europa.

Berdasarkan data Transfermarkt, Filip Nguyen sejak awal berkarier memang sudah menghiasi gelaran Liga Republik Ceko. Lulus dari akademi Sparta Praha pada 2014, Filip Nguyen mulai pindah-pindah klub, gabung Novy Bydzov, Vlasim, hingga akhirnya Februari 2018 merapat ke Slovan Liberec.

Status kewarganegaraan Filip Nguyen kini masih tercatat sebagai warga Republik Ceko. Mengingat dirinya belum pernah tampil untuk Republik Ceko, masih ada kesempatan bagi Vietnam untuk menaturalisasinya.

Toh, Vietnam pasti begitu beruntung bisa mengandalkan Filip Nguyen di bawah mistar gawang. Selain karena punya pengalaman Liga Eropa, Filip Nguyen posturnya juga menjulang tinggi, 191 cm.

Kebetulan pula, Filip Nguyen saat ini sedang mengurus proses kepindahan status kewarganegaraan dari Republik Ceko ke Vietnam. Proses tersebut kabarnya tinggal menunggu persetujuan akhir saja.

“Permintaan saya untuk bisa menjadi warga negara Vietnam sedang diproses. Saat ini, saya sedang menunggu persetujuan resmi menjadi warga negara Vietnam dan dapat membela Timnas Vietnam,” ujar Filip Nguyen dikutip VNExpress.

Andai Filip Nguyen jadi merampungkan proses naturalisasi, sosoknya jelas bakal menjadi pesaing Andritany dalam sepak bola Asia Tenggara. Minimal ketika Timnas Indonesia dan Vietnam mengikuti ajang Piala AFF, ada kemungkinan keduanya bertemu saling tarung.