Liga Inggris

Bukan Peter Crouch, 2 Nama Ini Cetak Rekor Hattrick Lewat Sundulan di Liga Inggris

Sabtu, 11 April 2020 02:05 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Indra Citra Sena
© Shaun Botterill/Getty Images
Mantan striker Newcastle, Salomon Rondon, adalah satu dari dua pemain yang pernah mencetak hattrick lewat sundulan di Liga Inggris. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Mantan striker Newcastle, Salomon Rondon, adalah satu dari dua pemain yang pernah mencetak hattrick lewat sundulan di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Mencetak satu gol sebuah pertandingan di kompetisi seketat Liga Inggris bukanlah hal mudah, apalagi tiga sekaligus alias hattrick.

Rupanya ada yang lebih sulit lagi daripada mencetak hattrick, yakni melakukannya melalui sundulan. Hal ini terbukti dengan baru adanya dua pemain yang sukses mencetak hattrick melalui sundulan di Liga Inggris, dengan masing-masing melakukannya sebanyak satu kali.  

Berbeda jauh dengan banyaknya peraih hattrick secara umum. Bintang Manchester City, Sergio Aguero, bahkan tercatat memegang rekor hattrick terbanyak dengan 12 kali.

Membicarakan soal mencetak gol melalui sundulan di Liga Inggris tentu akan membawa ingatan orang-orang kepada striker jangkung Peter Crouch. Pemain yang sempat membela Liverpool itu bahkan tercatat sebagai pengoleksi gol sundulan terbanyak di Liga Inggris (53 gol).

Namun, rupanya nama pemain bertinggi dua meter itu tidak termasuk dalam daftar pencetak hattrick melalui sundulan. Dua nama pemegang rekor yang gagal diraih Crouch adalah Salomon Rondon dan striker legendaris Everton, Duncan Ferguson.

Ferguson menjadi pemain pertama yang meraih catatan tersebut ketika mencetak tiga gol melalui sundulan dalam laga melawan Bolton Wanderers, 28 Desember 1997. Istimewanya lagi, ketiga golnya membawa Everton menekuk Bolton dengan skor 3-2.

Ferguson kini masih memperkuat Everton meski dengan status yang berbeda, yakni sebagai asisten anajer. Sebelumnya ia sempat menjadi manajer sementara pasca-pemecatan Marco Silva sebelum akhirnya mendatangkan Carlo Ancelotti.

Sementara itu, Solomon Rondon mencetak hattrick via sundulan pada 2016 lalu ketika membawa West Bromwich Albion menaklukkan Swansea City dengan skor akhir 3-1. Hebatnya, penyerang asal Venezuela tersebut menorehkannya cuma dalam waktu 13 menit.

Rondon menghabiskan empat tahun kariernya di Liga Inggris bersama dua tim, yakni WBA dan Newcastle United. Hanya setahun memperkuat Newcastle, Rondon kini hijrah ke Liga Super China untuk memperkuat Dalian.