Liga Indonesia

Deretan Catatan Minor Ratu Tisha sebagai Sekjen PSSI

Sabtu, 11 April 2020 09:12 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Ratu Tisha, Sekjen PSSI. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Ratu Tisha, Sekjen PSSI.

INDOSPORT.COM – Nama Sekjen PSSI, Ratu Tisha tengah menjadi sorotan. Bagaimana tidak dia mendapat kritik pedas dari anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin.

Djohar dengan tegas mengkritik kinerja Ratu Tisha saat Komisi X DPR RI menggelar RDPU dengan PSSI. Kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Djohar melontarkan kritikannya perihal kinerja Tisha.

Djohar menilai Ratu Tisha sebagai Sekretaris Jenderal PSSI dinilai semena-mena dalam menghentikan beberapa pertandingan sepak bola Indonesia.

Selain itu, Djohar juga kecewa ketika Komisi X mengundang PSSI untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat tapi hal itu tak dilakukan.

Namun bukan kali ini saja permasalahan yang membelit nama Tisha. Setidaknya ada beberapa kejadian yang sempat menyeret nama wanita berparas putih ini. Berikut ulasannya:

Penundaan Laga PSM Makassar Vs Persija Jakarta

Mungkin ini yang menjadi awal mula Djohar Arifin mengkritik kinera Tisha sebagai Sekjen. Di mana Djohar menyoroti bagaimana Tisha menandatangani penundaan laga leg kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar menjamu Persija Jakarta tahun 2019 lalu.

Memang kala itu, laga leg kedua antara PSM Makassar menjamu Persija Jakarta terpaksa ditunda. Hal ini karena adanya insiden penimpukan bus Persija Jakarta.

Tisha kala itu menandatangani surat penundaan laga dengan alasan keselamatan. Namun keputusan ini justru membuat masyarakat Makassar murka karena hanya menyisakan waktu 30 menit jelang laga.

"Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Piala Indonesia kami tunda," ucap Tisha dalam situs resmi PSSI kala itu.

DIlaporkan ke Pihak Kepolisian

Buntut penundaan laga kedua Piala Indonesia seperti berbuntut panjang kala itu. Bagaimana tidak atas hal ini dirinya dilaporkan ke Polda Metra Jaya.

Laporan itu datang dari salah satyu advokat asal Makassar, Isdar Yusuf. Dalam laporan tersebut dia keberatan dengan pernyataan Tisha perihal keamanan.

Kami advokat Makassar akan melaporkan Ratu Tisha, sehubungan dengan surat yang dikeluarkan yang menyatakan kondisi keamanan di Makassar tidak layak untuk menggelar pertandingan," ucap Isdar kala itu.

Melarang Pelatih Timnas Indonesia ke Stasiun Televisi

Keputusan Tisha lainnya yang sedikit dipertanyakan sebagai Sekjen PSSI datang ketika melarang pelatih timnas Indonesia U-16 kala itu Fakhri Husaini mendatangai acara talk show Mata Najwa.

Kala itu Fakhri Husaini diundang dalam rangka membicarakan keadaan manajemen PSSI yang dinilai kontroversi karena terlibat kasus suap dan pengaturan skor.

Ratu Tisha secara gamblang mengakui larangan itu. Dia blak-blakan mengaku melarang agar sesama anggota PSSi tidak saling membicarakan.

"Sebagai keluarga, PSSI nggak mau mengomentari apa yang keluarga PSSI komentari di media. Layaknya keluarga, pembicaraan melalui apapun itu bisa terjadi salah paham dan macam-macam," jelas Tisha.