Bola Internasional

Inovasi Ekstrem Olahraga Sepak bola, Salah Satunya dari Indonesia

Sabtu, 11 April 2020 03:45 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© -
Ilustrasi sepak bola. Copyright: © -
Ilustrasi sepak bola.

INDOSPORT.COM - Dalam perjalanan umat manusia, sepak bola mengalami berbagai perubahan. Baik aturan bermain maupun beberapa hal lainnya seperti bola atau sepatu yang dikenakan.

Beberapa inovasi yang dilakukan berhasil membuat sepak bola tampak lebih menyenangkan untuk dilihat. Beberapa lainnya menjadikan tingkat keekstreman olahraga ini menjadi berlipat-lipat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tiga inovasi yang dilakukan dalam sepak bola sejak orang-orang jaman dulu mulai memakai bola sebagai alat permainan.

Sepak bola Api (Indonesia)

Sepak bola api seperti namanya adalah permainan yang menggunakan api sebagai salah satu medium selain bola itu sendiri. Kegiatan ini juga terdiri dari dua tim yang saling berusaha untuk bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Yang membedakan adalah, bola dalam permainan ini diselimuti api sungguhan. Membakar keseluruhan bola yang digunakan untuk bertanding. Biasanya, sepak bola api dimainkan di lingkungan pondok pesantren atau di lingkungan padepokan pencak silat.

Sepakbola Gajah (Nepal)

Sama seperti sepak bola pada umumnya, sepak bola gajah bahkan bola yang digunakan pun memiliki ukuran sama dengan bola yang dipakai saat pertandingan. Namun, di sini sang atlet utamanya duduk nyaman di atas punggung gajah. Memberi komando untuk gajah yang dia duduki agar bisa membawa bola dan mencetak gol.

Calcio Storico (Italia)

Salah satu olahraga bernilai sejarah tinggi. Calcio Storico adalah perpaduan sepak bola dengan rugby dan pertarungan. Saking berbahayanya, di masa lalu tak jarang beberapa orang yang bermain Calcio bisa saja tewas.

Namun, saat ini Calcio Storico diklaim tidak lagi seberbahaya dulu. Sepak bola model ekstrem ini diperkirakan telah ada sejak jaman Romawi Kuno beberapa ratus tahun yang lalu.