Bola Internasional

5 Pasang Pesepakbola Dunia yang Ternyata Punya Hubungan Keluarga

Minggu, 5 April 2020 17:25 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Tottenham Hotspur
Mantan bintang Spurs Victor Wanyama ternyata punya kakak yang menjuarai Liga Champions bersama Inter Milan Copyright: © Tottenham Hotspur
Mantan bintang Spurs Victor Wanyama ternyata punya kakak yang menjuarai Liga Champions bersama Inter Milan

INDOSPORT.COM – Banyak pasangan bintang-bintang sepak bola yang diketahui berstatus sebagai kakak-adik. Mulai dari Frank dan Ronald de Boer, Gary dan Phil Neville,  Yaya dan Kolo Toure, hingga generasi terkini seperti Eden dan Thorgan Hazard.

Tidak jarang pula ikatan kekeluargaan itu merentang dua generasi, yaitu ayah dan anak. Contohnya antara lain Cesare dan Paolo Maldini, Peter dan Kasper Schmeichel, serta Alf Inge dan Erling Haaland.

Umumnya, ikatan kekeluargaan itu bisa dilihat dari nama belakang yang sama yang digunakan oleh kedua pesepak bola tersebut. Namun rupanya ada juga pasangan pesepak bola yang ternyata memiliki hubungan keluarga yang tidak diketahui publik karena mereka memilik nama belakang yang berbeda.

Melalui Squawka, redaksi berita olahraga INDOSPORT memilihkan lima pasang pesepak bola dunia yang tidak disangka-sangka ternyata memiliki hubungan keluarga:

1. Seydou Keita dan Mohamed Sissoko (Sepupu)

Dua gelandang asal Mali yang malang melintang di berbagai klub papan atas Eropa, Seydou Keita dan Mohamed Sissoko ternyata merupakan saudara sepupu. Uniknya lagi, keduanya juga merupakan keponakan dari Salif Keita, yang merupakan pemain legendaris Mali yang memenangkan Pemain Terbaik Afrika tahun 1970.

Seydou Keita mencapai puncak kariernya ketika bergabung bersama Barcelona dan total meraih 14 gelar bersama klub tersebut. Sementara itu Sissoko merupakan mantan bintang Juventus dan Liverpool.

2. Patrick van Aanholt dan Leroy Fer (Sepupu)

Kedua pemain yang dikenal berkat kiprahnya di Liga Inggris ini sudah pernah memperkuat timnas Belanda dari berbagai tingkatan usia sampai level senior. Namun, orangtua mereka sebenarnya berasal dari Curacao.

Van Aanholt mengawali kariernya di PSV dan kini menjadi andalan Crystal Palace, sementara Fer memulai karier di Feyenoord dan kini bermain untuk Swansea.

3. Jay-Jay Okocha dan Alex Iwobi (Paman dan keponakan)

Banyak yang tidak mengetahui bahwa pemain sayap andalan Everton, Alex Iwobi adalah keponakan Jay-Jay Okocha yang merupakan pemain legendaris Nigeria.

Okocha dikenal sebagai bagian generasi emas Nigeria yang meraih medali emas pada Olimpiade 1996. Sama seperti sang keponakan, ia kemudian menjajal kemampuan di Liga Inggris dengan memperkuat Bolton Wanderers selama 5 musim.

4. McDonald Mariga dan Victor Wanyama (Kakak-adik)

Dua bitang sepak bola asal Kenya ini sekilas tidak tampak sebagai kakak beradik. Namun, hal itu disebabkan karena sang kakak lebih dikenal sebagai McDonald Mariga alih-alih nama lengkapnya yaitu McDonald Mariga Wanyama.

Mariga dikenal sebagai pemain Kenya pertama yang menjuarai Liga Champions ketika memperkuat Inter Milan pada musim 2009/2010. Sementara itu, Wanyama yang merupakan mantan bintang Tottenham Hotspur kini menjadi kapten timnas Kenya.

5. James Rodriguez dan David Ospina (Saudara ipar)

Tak hanya berasal dari negara yang sama, Kolombia, James Rodriguez dan David Ospina juga memiliki kekerabatan khusus karena keduanya merupakan saudara ipar. Rodriguez yang kini bermain untuk Real Madrid menikahi adik perempuan Ospina yang merupakan pemain voli, Daniela.

Namun meski sudah menikah sejak tahun 2011, pernikahan Rodriguez dan Daniela terpaksa berakhir. Meski demikian, Rodriguez dan Ospina masih menjalin relasi yang baik dalam kerja sama mereka di timnas Kolombia.