In-depth

Bertabur Bintang, Starting XI Calon Pemain Gratisan Liga Top Eropa 2020

Minggu, 12 April 2020 16:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Galang Kurniawan/Indosport
Starting XI calon pemain gratisan liga-liga top Eropa 2020. Copyright: © Galang Kurniawan/Indosport
Starting XI calon pemain gratisan liga-liga top Eropa 2020.

INDOSPORT.COM - Tak kalah dengan tim-tim besar dunia, inilah Starting XI pemain-pemain gratisan di liga-liga Eropa tahun 2020. 

Pernah memiliki harga sangat mahal menjulang, ada kalanya para pemain sepak bola harus pergi dengan status pemain gratisan. 

Namun, meski berstatus pemain gratisan alias bebas transfer, para pemain ini kerap menjadi primadona di antara klub-klub besar. 

Sebut saja bintang Italia, Andrea Pirlo. Walau bertstatus bebas transfer karena tak lagi diinginkan AC Milan, namun ia jadi buruan utama Juventus dan merasakan empat tahun penuh trofi di sana. 

Juventus bahkan terkenal menjadi tim besar yang kerap mendatangkan pemain-pemain gratisan. 

Pemain-pemain berlabel gratisan ini pun terus ada setiap musimnya. Bahkan, di musim panas tahun 2020 ini saja ada lusinan pemain bintang yang bakal hengkang dengan status pemain gratisan. 

Sangking banyaknya, kami pun bisa menyusunnya ke dalam sebuah Starting XI. Tak kalah dengan tim-tim besar dunia, inilah Starting XI pemain-pemain gratisan di liga-liga Eropa tahun 2020. 

Formasi 4-3-1-2

Kiper: Joe Hart

Untuk posisi kiper kami memilih kiper Burnley, Joe Hart, sebagai pilihan utama. Sebetulnya di posisi ini ada William Caballero (Chelsea) yang juga berstatus bebas transfer. 

Namun, karena Joe Hart memiliki nama dan rekam jejak yang lebih hebat, maka eks kiper Man City dan Timnas Inggris ini layak masuk ke dalam Starting XI. joe.

Bek: Pablo Zabaleta, Eric Bailly, Jan Vertonghen, Cedric Soares

Dalam formasi empat bek, kami memilih empat nama pemain bintang di posisi ini yakni Pablo Zabaleta (kiri), Eric Bailly (tengah), Jan Vertonghen (tengah), Cedric Soares (Southampton). 

Keempatnya menjadi andalan di klubnya masing-masing di mana Zabaleta memperkuat West Ham, Eric Bailly di Manchester United, Vertonghen di Man City, dan Cedric Soares di Southampton. 

Gelandang Tengah: David Silva, Luka Modrid, Willian

Starting XI pemain gratisan musim panas 2020 ini menjadi sangat menakutkan ketika mengetahui ada tiga gelandang terbaik beda generasi yang mengisi posisi ini. 

Di posisi gelandang kiri kami memilih pemberi assist terbanyak di sejarah klub Manchester City, David Silva. Kontrak Silva musim ini kemungkinan tidak akan diperpanjang. 

Di posisi gelandang tengah sekaligus bertahan ada nama Luka Modric. Mantan peraih Ballon d'Or 2018 kontraknya akan habis di Real Madrid pada musim panas 2020. 

Sementara itu di posisi gelandang kanan ada nama pemain Chelsea, Willian. Pemain yang memiliki kecepatan ini secara mengejutkan belum juga mendapat perpanjangan kontrak dari The Blues. 

Playmaker: Mario Gotze

Dengan menggunakan formasi 4-3-1-2, maka harus ada sosok playmaker yang berfungsi sebagai penyerang lubang. 

Di posisi ini diisi oleh gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze. Pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014 ini menjalani musim kurang bagus di 2019-2020. Sang pemain pun menyatakan ingin hengkang dari Dortmund. 

Penyerang: Olivier Giroud, Edinson Cavani

Duet dua bomber gaek mengisi posisi ini, yakni Olivier Giroud dan Edinson Cavani. Keduanya sama-sama tak diinginkan klubnya masing-masing di musim panas ini. 

© Galang Kurniawan/Indosport
Starting IX calon pemain gratisan 2020 Copyright: Galang Kurniawan/IndosportStarting IX calon pemain gratisan 2020

Giroud hampir pasti bakal meninggalkan Chelsea, sementara Edinson Cavani sepanjang musim ini sudah gerah ingin hengkang dari PSG setelah tergeser oleh Mauro Icardi. 

Walau sudah berusia uzur, kedua bomber ini masih bisa menjadi mesin gol andal di klub yang akan dibela mereka.