Liga Champions

Mengenang Gol Eks Persib Bandung Bawa Chelsea ke Semifinal Liga Champions

Minggu, 12 April 2020 16:54 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© Richard Heathcote/Getty Images
Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien, saat mencetak gol untuk Chelsea ke gawang Valencia di ajang Liga Champions 2006/2007. Copyright: © Richard Heathcote/Getty Images
Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien, saat mencetak gol untuk Chelsea ke gawang Valencia di ajang Liga Champions 2006/2007.

INDOSPORT.COM - Tentu publik tak lupa dengan sosok gelandang pekerja keras Chelsea yang juga pernah membela Persib Bandung, Michael Essien. Kemampuannya membuat banyak mulut berdecak kagum, termasuk gol yang dicetaknya bagi The Blues di Liga Champions.

Bukan, kali ini bukan membahas gol indah yang dicetaknya ke gawang Barcelona pada musim 2008-2009. Namun gol Essien kali ini dicetak saat membawa Chelsea lolos ke semifinal Liga Champions 2006-2007. Eks Persib ini mampu mencetak gol penentu kemenangan The Blues sehingga timnya lolos ke babak semifinal pada musim itu.

Gol tersebut dicetaknya saat menghadapi Valencia. Chelsea yang sebelumnya harus bermain imbang 1-1 dengan El Che, membawa misi berat saat bertandang ke Stadion Mestalla. The Blues harus menang dengan agar tak kalah agregat. Di sinilah peran Michael Essien terlihat.

Sempat tertinggal dulu oleh Valencia, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Andriy Shevchenko pada menit ke-52. Kedudukan pun imabng 1-1. Pun dengan agregat yakni menjadi 2-2.

Tak disangka pada menit ke-90 Essien muncul jadi penyelamat. Sepakan kerasnya dari sisi kanan penyerangan tak mampu dibendung kiper Valencia dan membuat Chelsea unggul 2-1 dari tuan rumah. Alhasil gol tersebut memastika The Blues lolos ke babak semifinal.

Namun di semifinal, Chelsea harus kalah dari Liverpool dan Essien pun gagal membawa timnya meraih titel Liga Champions. Meski begitu, gelar mampu ia persembahkan lima tahun kemudian, yakni tepada pada tahun 2012.

Usai membela Chelsea, Michael Essien pun bergonta ganti klub. Deretan tim-tim besar pernah disambanginya, termasuk Persib Bandung pada musim 2017-2018.