In-depth

Seberapa Pantas Bek Sevilla, Diego Carlos Jadi Tandem Virgil van Dijk di Liverpool?

Minggu, 12 April 2020 13:41 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images/INDOSPORT
Diego Carlos, calon tandem Virgil van Dijk di jantung pertahanan Liverpool Copyright: © Getty Images/INDOSPORT
Diego Carlos, calon tandem Virgil van Dijk di jantung pertahanan Liverpool

INDOSPORT.COM - Rumor bursa transfer sepak bola Eropa nampaknya terus bergulir meski kini hampir semua kompetisi berhenti karena pandemi Virus Corona, salah satu yang terpanas adalah bek Sevilla, Diego Carlos yang jadi incaran Liverpool.

Tidak hanya Liverpool, Barcelona juga dikabarkan tertarik pada bek asal Brasil itu dan siap menggelontorkan tawaran menggiurkan di bursa transfer musim panas mendatang.

Pemain Brasil dengan posisi bek tengah ini didatangkan Sevilla dari klub Ligue 1 Prancis, FC Nantes dengan harga yang dilaporkan sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp260 juta. 

Dan pemain yang sudah berusia 27 tahun itu menikmati musim debut yang terbilang sukses di LaLiga Spanyol. Kini dia menjelma sebagai salah satu pemain andalan di tim asuhan Julen Lopetegui yang saat ini bertengger di urutan ketiga klasemen sementara LaLiga Spanyol.

Punya tinggi 184 cm, badan yang atletis dan tipikal bek modern yang punya ketenangan memegang bola lebih lama, wajar jika pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menilai Diego Carlos memiliki semua atribut untuk menjadi tandem yang cocok untuk Van Dijk.

Dengan rilis klausul seharga 75 juta euro atau sekitar Rp1,3 Triliun, Diego Carlos tentu saja tidak murah bagi klub mana pun.

Lantas sangat menarik untuk melihat apakah Diego Carlos sepadan dengan harganya dan layak jadi tandem Virgil van Dijk di Liverpool?

Catatan Umpan Diego Carlos

Melihat gaya bermain Sevilla yang lebih mengandalkan direct ball, tidak heran jika Diario AS mencatat Diego Carlos sejauh musim ini sudah melepaskan sebanya 1.051 umpan, dengan rataan 42 umpan per laga.

Tapi nampaknya catatan total umpan itu belum cukup bagus untuk seorang bek utama di klub sekaliber Liverpool. Kita lihat saja umpan yang ditorehkan Van Dijk di Liga Inggris sejauh musim ini. 

Sejauh musim ini, menurut catatan dari laman resmi premierleague.com, bek Timnas Belanda itu mencatat total 2.478 umpan, dengan rataan sebanyak 85,45 kali per laga.

Jika ingin diperluas lagi, kita bisa melihat seberapa akurat long ball Diego Carlos bersama Sevilla di LaLiga Spanyol. Untuk tim yang memainkan gaya direct ball, akurasi long ball dari para pemain bertahan memang sangat penting.

Bagaimana degan Diego Carlos? Melihat catatan whoscored, dia mencatat 110 kali sukses dari total 229 long ball, yang artinya punya persentase akurasi umpan panjang sebesar 48,03%.

Lagi-lagi persentase untuk akurasi umpan panjang Diego Carlos masih kalah dari Van Dijk. Sejauh musim ini bersama Liverpool, Van Dijk sukses punya persentase sebesar 54,96% untuk akurasi long ball, dengan sukses 155 kali dari total 282 umpan panjang.

Atribut Penting Diego Carlos

© Silvestre Szpylma/Getty Images
Diego Carlos, bek Sevilla yang jadi incaran Liverpool di bursa transfer musim panas 2020. Copyright: Silvestre Szpylma/Getty ImagesDiego Carlos, bek Sevilla yang jadi incaran Liverpool di bursa transfer musim panas 2020.

Jika untuk umpan-mengumpan Diego Carlos masih kalah dari Van Dijk, mari lihat atribut penting lain yang dimiliki sang pemain. Mungkin atribut penting inilah yang membuat Jurgen Klopp sangat tertarik padanya.

Kembali ke statistik yang dilansir dari Opta, Diego Carlos sangat bagus untuk urusan tekel dengan presentase yang tinggi sebesar 63%, 30 kali kesempatan dan 19 tekel sukses. Persentase tersebut nyatanya jauh lebih besar dari milik Van Dijk.

Bek yang disebut menjadi andalan The Reds di barisan pertahanan itu memiliki tekel sukses sebanyak 22 kali dengan persentase kesuksesan hanya 55% dari total 40 tekel yang dilakukan.Jelas kalah unggul dari Diego Carlos.

Atribut lainnya yang juga wajib dimiliki oleh seorang bek tengah top dunia adalah clearances, atau bisa diartikan seberapa mampu dia menjaga kotak penaltinya dari serangan-serangan lawan. 

Untuk statistik clearances, Diego Carlos mencatat sebanyak 128 kali sukses berada di posisi yang tepat untuk menghindarkan gawang Sevilla dari bahaya. Jumlah itu memang masih kalah dari Van Dijk yang mencatat 135 kali clearances sejauh musim ini.

Tapi jika melihat clearances per laga yang dihimpun oleh Whoscored, Van Dijk hanya tercatat 4,7 kali per laga. Sementara Diego Carlos sebanyak 5,1 kali per laga, yang artinya barisan pertahanan Sevilla lebih sering diserang ketimbang Liverpool di musim ini.

Untuk headed clearances atau bisa diartikan menggagalkan umpan silang atau tendangan sudut lawan dengan kepala, Diego Carlos mengungguli Van Dijk. Bek asal Brasil itu memenangkan 71 duel udara di barisan pertahanan, sementara Van Dijk hanya 67 kali sejauh musim ini.

Diego Carlos Cukup Pantas Jadi Tandem Van Dijk

Dengan usia yang sudah matang yakni 27 tahun dan juga segala statistik yang dia miliki di musim ini, memang tak heran Liverpool menginginkan jasanya sebagai tandem Van Dijk.

Meski masih kalah dari Van Dijk di beberapa aspek, Diego Carlos tak terlalu jauh terpaut yang artinya dia bisa menjadi pemain penting di barisan pertahanan jika Liverpool berhasil mendatangkannya di bursa transfer musim panas mendatang.

Apalagi jika melihat kekuatan yang dimiliki Diego Carlos menurut Whoscored, dia sangat kuat dalam konsentrasi dan juga menyapu bola, baik itu dengan kepala atau kaki. Tim mana yang tidak senang jika punya bek tengah seperti Diego Carlos.

Tak heran jika Sevilla tampil konsisten sejauh LaLiga Spanyol 2019/20 bergulir dengan berada di urutan ketiga klasemen sementara. Bahkan Los Rojiblancos hanya kebobolan 29 gol dari total 27 pertandingan LaLiga Spanyol sejauh musim ini, lebih unggul dari Barcelona.

Melihat tandem Van Dijk yang selalu berganti di Liverpool sejauh musim 2019/2020 ini, yakni antara Joe Gomez, Dejan Lovren dan Joel Matip, keinginan Klopp mendapatkan Diego Carlos harus benar-benar direalisasikan di bursa transfer musim panas mendatang.

Melihat duet bek tengah yang diperkuat oleh Virgil van Dijk dan Diego Carlos, bisa dibayangkan seberapa kokoh benteng pertahanan yang dimiliki Liverpool di Liga Inggris musim depan.