Bola Internasional

Starting XI Terbaik dari Pelatih Jawara Piala Dunia Marcello Lippi: Penuh Aroma Juventus

Minggu, 12 April 2020 17:21 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Claudio Villa/ Grazia Neri/Getty Images
Marcello Lippi, sebagai pelatih berlabel jawara Piala Dunia, dirinya tentu pernah menangani pemain-pemain hebat, dan 11 di antaranya terangkum dalam starting XI terbaik. Copyright: © Claudio Villa/ Grazia Neri/Getty Images
Marcello Lippi, sebagai pelatih berlabel jawara Piala Dunia, dirinya tentu pernah menangani pemain-pemain hebat, dan 11 di antaranya terangkum dalam starting XI terbaik.

INDOSPORT. COM - Marcello Lippi, sebagai pelatih berlabel jawara Piala Dunia, dirinya tentu pernah menangani pemain-pemain hebat, dan 11 di antaranya terangkum dalam starting XI terbaik.

Berbicara tentang sejarah megahnya sepak bola Italia, tentu tak lepas dari sosok Marcello Lippi. Kiprahnya menekuni karier kepelatihan, sempat memunculkan prestasi luar biasa yang mengharumkan Negeri Pizza.

Catatan mengesankan pertama, terjadi pada musim 1995/96. Kala itu, Lippi sukses mengantarkan Juventus merajai ajang Liga Champions, mengalahkan Ajax Amsterdam di laga puncak.

Musim yang sama pula, Lippi berhasil memenangkan penghargaan individu pelatih terbaik dunia. Penghargaan serupa kembali diraih Lippi pada 1997, membuatnya makin mentereng dalam jajaran pelatih top Italia dan Eropa.

Prestasi terhebat Lippi mungkin tercipta pada Piala Dunia 2006. Membesut Timnas Italia, Lippi berhasil membawa negaranya keluar menjadi juara, mengalahkan Prancis dalam partai final.

Lippi sendiri kini tengah menganggur, sejak terakhir kali menangani Timnas China, pada 2019 lalu. Kebetulan, tepat pada hari Minggu (12/04/20) ini, Lippi berulang tahun yang ke-72, INDOSPORT pun coba membuatkan ulasan spesial tentangnya.

Ada 11 pemain terhebat yang pernah dilatih Lippi, dan deretannya terangkum dalam susunan starting XI. Nama-nama pemain yang masuk ke starting XI terbaik versi Lippi, dipenuhi dengan aroma klub raksasa Serie A Italia, Juventus.

Starting XI Terbaik Marcello Lippi: 4-4-2

Kiper: Gianluigi Buffon

Posisi penjaga gawang, Marcello Lippi pernah memiliki kiper hebat bernama Gianluigi Buffon. Kemampuan Buffon dalam mengawal jala gawang, sangat membantu Lippi untuk meraih prestasi mengesankan.

Buffon berada di bawah asuhan Lippi dalam dua kostum yang berbeda, pertama Juventus, dan kedua Timnas Italia. Bersama Juventus, Buffon mencatatkan 132 kali penampilan saat Lippi melatih.

Ketika membela Italia dan dilatih Lippi, Buffon manggung sebanyak 34 kali. Hebatnya, Buffon adalah kiper utama kepercayaan Lippi saat menjuarai Piala Dunia 2006.

Bek Kanan: Lilian Thuram

Posisi bek kanan rasanya pantas disematkan kepada Lilian Thuram. Kebersamaan Thuram dengan Lippi tercipta ketika keduanya bekerja untuk Juventus, dari musim 2001 hingga 2004.

Ketika dilatih Lippi, Thuram mendapat kepercayaan mengisi posisi bek kanan utama, atau sesekali dirotasi sebagai bek tengah. Total, 116 laga dimainkan Thuram di bawah arahan Lipii, mencetak satu gol dan menyumbangkan dua assists.

Bek Tengah: Ciro Ferrara

Banyak sekali bek tengah tangguh yang pernah dilatih Marcello Lippi. Membicarakan yang terbaik, mungkin sosok Ciro Ferrara layak untuk mendapatkannya.

Ciro Ferrara berada di bawah arahan Lippi dalam dua kostum klub berbeda, yakni Napoli dan Juventus. Total ada 301 laga yang dimainkan Ciro Ferrara ketika ditangani Lippi, termasuk ketika Juventus meraih gelar Liga Champions 1995/96.

Bek Tengah: Fabio Cannavaro

Kesuksesan Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006 tak lepas dari ketepatan Marcello Lippi dalam menempatkan sosok pemimpin di lini belakang, Fabio Cannavaro. Kala itu, eks bek Juventus ini memegang jabatan kapten tim, membawa timnya juara, dan meraih penghargaan individu Ballon d'Or.

Bek Kiri: Fabio Grosso

Piala Dunia 2006, Marcello Lippi sangat beruntung memiliki bek kiri yang juga pernah membela Juventus, Fabio Grosso. Semifinal dan laga final, Grosso keluar sebagai pahlawan karena mampu mencetak gol penentu kemenangan Timnas Italia.

Gelandang Tengah: Didier Deschamps

Didier Deschamps adalah kunci permainan Juventus asuhan Marcello Lippi, ketika menjuarai Liga Champions 1995/96. Peran Deschamps juga begitu hebat bagi negaranya, mengantarkan Prancis juara Piala Dunia 1998.

Gelandang Tengah: Andrea Pirlo

Karier klub Andrea Pirlo mentereng bersama AC Milan dan Juventus. Prestasi paling gemilangnya mungkin terjadi ketika menjuarai Piala Dunia 2006, yang mana Pirlo menjadi kunci permainan lini tengah Timnas Italia asuhan Marcello Lippi.

Gelandang Tengah: Zinedine Zidane

Zinedine Zidane, kariernya sebagai gelandang tengah berkembang pesat sejak dilatih Marcello Lippi di Juventus. Sedari 1996/97 hingga 1998/99, Zidane jadi anak asuh Lippi, hingga bisa mengantarkan Prancis juara Piala Dunia 1998, serta menjadi pemain termahal dunia setelah kemudian meninggalkan Juventus dan dibeli Real Madrid.

Gelandang: Pavel Nedved

Pavel Nedved sedari 2001/02, hingga 2003/04, dengan setia menjadi anak asuh Marcello Lippi di Juventus. Mendapat arahan Lippi, Nedved total mampu mencetak 26 gol dan 12 assists dari 130 kali penampilan.

Penyerang: Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero begitu subur di bawah asuhan Marcello Lippi ketika berkostum Juventus, 132 gol dari 305 penampilan. Del Piero juga jadi pemain penting Lippi ketika membawa Italia juara Piala Dunia 2006.

Penyerang: Francesco Totti

Francesco Totti mengambil peran penting saat skuat Timnas Italia asuhan Marcello Lippi menjuarai Piala Dunia 2006. Totti menjadi motor serangan tim, dan terlibat dalam lima gol, dengan rincian satu kali sebagai pencetak skor, dan empat lainnya menyumbangkan assists.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%