Bola Internasional

Termasuk Bagus Kahfi, Intip 4 Cara Tangani Cedera Pemain Garuda Select di Inggris

Senin, 13 April 2020 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© @programgarudaselect
Skuat Garuda Select vs Bourneomuth U-18, persembahan laga untuk Bagus Kahfi Copyright: © @programgarudaselect
Skuat Garuda Select vs Bourneomuth U-18, persembahan laga untuk Bagus Kahfi

INDOSPORT.COM - Program Garuda Select menjadi salah satu pembinaan sepak bola terbaik, di mana pemain muda Indonesia dikirimkan ke Inggris untuk menimba ilmu sepak bola, sekaligus menerapkannya dalam sebuah pertandingan menghadapi akademi setempat.

Secara proporsi tubuh, boleh dikatakan jika pemain Indonesia memiliki fisik yang lebih kecil dari pemain Eropa, khususnya Inggris. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa sejumlah pemain Garuda Select sempat mengalami cedera jika mengalami benturan fisik dengan pemain lawan.

Namun, Garuda Select juga memiliki tim medis berpengalaman yang dipimpin oleh Macauley Spurling. Selain itu, mereka juga menggunakan peralatan dengan standar yang baik, sehingga sangat membantu dalam pemulihan cedera para pemain Indonesia.

Seperti misalnya beberapa waktu lalu, Spurling mengunggah proses pemulihan cedera Bagus Kahfi via akun Instagram @mspurling1995. Cedera kaki kiri yang dialami Bagus kemudian dilatih dengan metode exercise leg extension di gym.

Selain Bagus Kahfi, Spurling juga pernah menangani cedera kaki gelandang andalan Garuda Select, Rafly Asrul, menggunakan teknologi terkini di Inggris.

"Rafly Asrul mengistirahatkan lututnya dan mengurangi radang dengan menggunakan sistem Game Ready Official dan mesin untuk mengurangi rasa sakit sambil menjaga paha depan tetap aktif saat dia ikut latihan," ungkap Spurling.

Selain Rafli, dua pemain Garuda Select angkatan kedua, yakni Subhan Fajri dan Erlangga Putra juga sempat mengalami cedera di Inggris. Spurling memberikan keduanya latihan cardiovascular di gym hingga Subhan dan Angga bisa kembali merumput bersama tim.

Masih ada satu penggawa Garuda Select yang juga pulih dari cedera panjang. Butuh waktu setidaknya satu tahun bagi Andre Oktaviansyah untuk bisa kembali debut di lapangan hijau. Namun hal ini menegaskan jika tim medis dan fisioterapi Garuda Select memberikan pelayanan berkelas.

"Sesi pagi untuk Andre Oktaviansyah. Meningkatkan pengeluaran tenaga lewat pinggul untuk mengurangi resiko cedera saat ia kembali bermain," pungkas Spurling