Bola Internasional

Aktif di Sepak Bola Internasional, Ini 2 Capaian Pribadi Ratu Tisha yang Mengharumkan Nama Indonesia

Selasa, 14 April 2020 01:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah hasil kerja Ratu Tisha diketahui ada yang mampu mengharumkan Indonesia di pentas sepak bola internasional. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah hasil kerja Ratu Tisha diketahui ada yang mampu mengharumkan Indonesia di pentas sepak bola internasional.

INDOSPORT. COM - Sejumlah capaian pribadi Ratu Tisha diketahui ada yang mampu mengharumkan Indonesia di pentas sepak bola internasional.

Kabar mengejutkan baru-baru ini menyelimuti sosok Ratu Tisha. Tepat pada Senin (13/04/20), Ratu Tisha telah resmi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI, yang sudah diembannya sejak 2017.

Kepastian kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ratu Tisha melalui akun Instagram pribadinya. Ratu Tisha mengunggah video rekaman suaranya, sembari menyampaikan salam perpisahan dan juga rasa terima kasih, karena sudah pernah dipercaya bekerja dalam organisasi PSSI.

"Hari ini Senin 13 April melalui surat ini saya resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jendral PSSI," buka Ratu Tisha dalam unggahannya.

"Saya bersyukur pernah meraih kesempatan bekerja untuk melayani anggota PSSI, pemain, pelatih, wasit, match comissioner, instruktur dan para pecinta sepak bola sejak 17 Juli 2017," lanjut Ratu Tisha.

Perpisahan Ratu Tisha dengan PSSI, sepertinya tak akan membuatnya berhenti terlibat mengurusi kegiatan sepak bola. Pasalnya, Ratu Tisha diketahui cukup aktif dalam aktivitas sepak bola internasional, dan bahkan hasil kerjanya mampu mengharumkan nama Indonesia.

Lalu, apa saja hasil kerja Ratu Tisha di sepak bola internasional yang mampu mengharumkan nama Indnesia? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Pendidikan Master di FIFA

Ratu Tisha bukanlah orang sembarangan dalam organisasi sepak bola. Jauh sebelum menduduki posisi Sekjen PSSI, Ratu Tisha, telah membekali diri dengan program pendidikan Master di FIFA. 

Kisahnya terjadi pada tahun 2013 lalu, Ratu Tisha masuk ke 28 besar peserta yang mendapatkan beasiswa FIFA untuk mempelajari lebih dalam soal sport humanity dan sport management. Ratu Tisha kala itu jadi satu-satunya wanita Indonesia, bahkan Asia, yang berhasil meraih beasiswa tersebut.

Kurang lebih selama setahun, Ratu Tisha mengenyam pendidikan di sana, dan lulus berlabel gelar Master of Art. Hebatnya lagi, Ratu Tisha merupakan lulusan peringkat ketujuh terbaik dari 28 peserta beasiswa FIFA. 


Wakil Presiden AFF

Semasa masih menjabat sebagai Sekjen PSSI, Ratu Tisha ternyata juga mendapat tempat spesial di Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara, AFF. Buktinya, Ratu Tisha berhasil menduduki posisi Wakil Presiden AFF periode 2019-2023.

Ratu Tisha dipercaya memegang jabatan tersebut, setelah terpilih dalam Kongres Luar Biasa AFF pada Juni 2019. Capaian Ratu Tisha pun menciptakan sejarah, karena dirinya menjadi wanita pertama yang menjabat Wakil Presiden AFF.

Begitulah kurang lebih capaian manis Ratu Tisha di sepak bola internasional yang mampu mengharumkan nama Indonesia. Terima kasih Ratu Tisha!