Liga Spanyol

Jika Tak Ada Corona, Iker Casillas Sudah Jadi Presiden PSSI-nya Spanyol

Selasa, 14 April 2020 10:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Miguel Riopa
Eks kiper Real Madrid, Iker Casillas, adalah kandidat kuat presiden RFEF karena banyaknya dukungan yang ia miliki. Copyright: © Miguel Riopa
Eks kiper Real Madrid, Iker Casillas, adalah kandidat kuat presiden RFEF karena banyaknya dukungan yang ia miliki.

INDOSPORT.COM – Mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas, mungkin sudah jadi presiden FA Spanyol jika pandemi virus corona atau Covid-19 tidak melanda negara tersebut.

Pada bulan Februari lalu, Iker Casillas mencalonkan diri menjadi presiden Federasi Sepak Bola (FA) Spanyol. Casillas mempertimbangkan diri menantang Luis Rubiales yang terpilih menduduki jabatan puncak itu pada 2018.

Dilansir dari Football Espana, pemilihan calon presiden FA Spanyol itu sejatinya dilaksanakan pekan ini. Namun, sayangnya acara pemilihan itu harus tertunda akibat pandemi virus Covid-19. 

Padahal, bila pemilihan itu dijadwalkan sesuai rencana, Iker Casillas diprediksi mengalahkan suara Rubiales dan dikukuhkan sebagai presiden FA Spanyol selama dua tahun masa jabatan. Ia mengantongi banyak dukungan yang bisa mengantarnya ke kursi tertinggi di badan tersebut.

Diketahui, menurut sebuah survei di antara para penggemar sepak bola Spanyol, Luis Rubiales yang awalnya memegang suara 80 persen anjlok menjadi 59. Sementara itu, Casillas mengantongi 94 persen suara penggemar .

Selain itu, dukungan agar Casillas menjadi presiden FA Spanyol juga datang dari tujuh federasi regional, yakni Real Madrid, Castilla y Leon, Casilla la Mancha, Galicia, Basque Country, Catalunya, dan Andalusia.

Iker Casillas juga akan didukung oleh presiden LaLiga, Javier Tebas, yang sering mengkritik Rubiales sejak dia terpilih, selain presiden Asosiasi Pesepak Bola Spanyol, David Aganzo.

Di sisi lain, Luis Rubiales kehilangan dukungan sejak dia dianggap bukan tokoh pemersatu selama dua tahun memimpin FA Spanyol. Dia mendorong transparansi tetapi dia juga terlihat dalam sejumlah keputusan yang kontroversial.

Casillas sendiri belum pensiun bermain dan saat ini masih bermain untuk FC Porto, namun absen sejak mengalami serangan jantung pada Mei 2019.

Casillas dianggap sebagai pemain yang cukup ikonik dalam sejarah sepak bola Spanyol. Dia bermain lebih dari 700 pertandingan untuk Real Madrid sebelum bergabung dengan Porto pada tahun 2015.

Mantan kiper Timnas Spanyol itu memenangkan tiga kali gelar Liga Champions bersama Real Madrid, serta dua Euro dan Piala Dunia dengan jumlah penampilan 167 untuk La Roja.