Bola Internasional

Luqman Hakim, Pemain Selangor yang Masuk Daftar 50 Wonderkid Terbaik Dunia

Selasa, 14 April 2020 20:19 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFC
Pemain Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin cetak 4 gol saat melawan Tajikistan. Copyright: © AFC
Pemain Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin cetak 4 gol saat melawan Tajikistan.

INDOSPORT.COM – Pemain Malaysia milik klub Selangor FA Luqman Hakim masuk dalam daftr 50 wonderkid terbaik dunia menurut salah satu media sepak bola Internasional.

Media sepak bola internasional, Goal, setiap tahunnya selalu membuat daftar 50 pemain muda paling menjanjikan sedunia dalam tajuk NxGn.

Diisi nama-nama besar seperti pemain Real Madrid Rodrygo yang juga berada dalam daftar teratas, menjadi menarik tahun ini karena ada satu nama talenta asal Malaysia Luqman Hakim yang juga bisa masuk, berada dalam urutan pemain muda dunia paling berbakat di urutan ke-49.

Menarik karena selain merupakan satu di antara hanya tiga pemain Asia yang bisa menembus daftar tersebut. Luqman Hakim juga merupakan pemain Asia Tenggara pertama yang bisa menembus daftar tersebut, sejak pertama dibuat tahun 2017 silam.

Lantas pertanyaannya, siapa sebenarnya Luqman Hakim dan seberapa hebat dirinya hingga bisa masuk ke dalam daftar tersebut?

Luqman Hakim

Bernama lengkap Luqman Hakim Shamsudin, pemuda Malaysia itu lahir di Kelantan 5 Maret 2002, atau artinya kini baru menginjak usia 18 tahun.

Bersinar di usia muda, bakat luar biasa Luqman memang sudah tercium sejak dirinya masih kecil. Sehingga kemudian dirinya bisa masuk dalam program pengembangan bakat usia dini sepak bola Malaysia, National Football Development Program (NFDP).

Dalam program itu Luqman ditempa di Mokhtar Dahari Academy (AMD), akaedmi sepak bola yang didirikan langsung Pemerintah Malaysia.

Di AMD itulah bakat Luqman Hakim semakin terasa di bawah arahan pelatih Lim Teong Kim. Sehingga dirinya terus menjadi andalan Timnas Malaysia sejak level U-15. Dirinya pun tercatat merupakan top skor AFC Championship U-16 2018 dengan torehan lima gol, bersama pemain Australia Noah Botic dan pemain Jepang Shoji Toyama.

Bahkan di usia yang masih 17 tahun kala itu, Luqman yang berposisi sebagai penyerang, sudah dipercaya memperkuat Timnas Malaysia U-22 yang berlaga di SEA Games 2019.

Selain catatannya di level Timnas Malaysia, kualitas Luqman Hakim juga terlihat dari pengalamannya bisa menembus sepak bola Eropa.

Meski ada andil Vincent Tan yang merupakan orang Malaysia pemilik klub  K.V. Kortrijk, pada September 2019 lalu Luqman Hakim telah dipercaya menjadi bagian tim kasta teratas Liga Belgia itu.

Atas andil Vincet Tan pula, bakat Luqman Hakim sempat terasa di klub Liga Inggris Cardiff City, dalam pelatihan jangka pendek selama tiga bulan, sejak Januari lalu.

Meski sempat terkat kontrak dengan  K.V. Kortrijk dan berlatih di Cardiff City, Luqman Hakim sendiri kini telah kembali ke tanah kelahirannya untuk menjadi bagian skuat dari tim Liga Super Malaysia, Selangor FA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%