Liga Indonesia

Dampak Pandemi Corona, PSIS Terancam Batal Pakai Stadion Jatidiri Tahun Ini

Kamis, 16 April 2020 13:45 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dampak virus corona di Indonesia ternyata bukan hanya penghentian kompetisi oleh PSSI saja. Salah satu peserta Liga 1 2020, yakni PSIS Semarang, juga terancam menunda pemakaian Stadion Jatidiri yang saat ini tengah direnovasi.

Sebelumnya, renovasi tahap V atau final Stadion Jatidiri dijadwalkan akan dilaksanakan tahun ini. Bila berjalan sesuai jadwal, stadion yang terletak di Karangrejo, Semarang, tersebut akan bisa digunakan pada akhir 2020 atau awal 2021.

Namun, renovasi tahap V terancam digeser karena adanya rasionalisasi anggaran oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selaku pengelola Stadion Jatidiri sebagi imbas dari pandemi virus corona.

“Sepertinya memang terkena rasionalisasi, ini eman-eman,” tutur Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispora dan Pariwisata Jawa Tengah, Prambudi Trajutrisno, Rabu (15/4/20).

Pria yang juga berstatus Pejabat Pembuat Komitmen (PPkom) renovasi Stadion Jatidiri ini sebenarnya juga menyayangkan apabila prosedur mengalami penundaan karena khawatir akan berdampak buruk terhadap kondisi bangunan.

“Sayang kalau jeda karena bangunan fisik akan banyak yang terdampak jika tidak segera dituntaskan sesuai jadwal semula,” imbuh Prambudi.

Apabila pengerjaan renovasi tahap V jadi ditunda, tentu hal ini akan menjadi kabar yang kurang sedap bagi PSIS. Pasalnya, klub kebanggaan Panser Biru dan Snex tersebut cukup berhasrat untuk bisa kembali ke Stadion Jatidiri.

Lama menjadi tim musafir membuat biaya operasional PSIS Semarang cukup membengkak, terlebih sudah dua tahun lebih mereka merantau ke Magelang karena Stadion Jatidiri tengah direnovasi oleh Pemprov Jawa Tengah.