Liga Inggris

Tak Cuma Karius, 3 Bintang Liga Inggris Ini Pernah Bikin Klubnya Gagal Juara

Kamis, 16 April 2020 15:41 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Karier Loris Karius di Inggris bersama Liverpool lebih sering dikaitkan dengan blundernya yang membuat The Reds gagal menjuarai Liga Champions 2017/2018. Copyright: © Getty Images
Karier Loris Karius di Inggris bersama Liverpool lebih sering dikaitkan dengan blundernya yang membuat The Reds gagal menjuarai Liga Champions 2017/2018.

INDOSPORT.COM – Karier Loris Karius di Inggris bersama Liverpool lebih sering dikaitkan dengan blundernya yang membuat The Reds gagal menjuarai Liga Champions 2017/2018.

Ketika itu, dua dari tiga gol Madrid tercipta akibat blunder kiper Jerman itu yang memberikan bola mudah kepada Karim Benzema dan gagal menepis tembakan Gareth Bale. Akibatnya, Liverpool pun kalah 1-3.

Namun, sebenarnya tidak hanya Karius yang pernah melakukan kesalahan fatal seperti itu. Dilansir Sportskeeda, setidaknya ada tiga bintang Liga Inggris yang pernah membuat blunder yang menyebabkan klub mereka akhirnya kehilangan gelar yang sudah di depan mata.

Berikut ini daftar pemain Liga Inggris yang pernah membuat blunder yang melenyapkan gelar juara.

1. Steven Gerrard

Sebelum blunder Karius, Liverpool sudah lebih dulu mengalami pengalaman buruk lewat blunder yang dibuat kapten mereka, Steven Gerrard.

Pada musim 2013/2014, Liverpool yang berada di puncak klasemen membutuhkan kemenangan saat menghadapi Chelsea. Sayangnya, Gerrard terpeleset ketika menguasai bola yang kemudian dimanfaatkan penyerang Chelsea, Demba Ba, untuk mencetak gol mudah ke gawang Liverpool.

Akibatnya kekalahan tersebut, Liverpool harus menerima kenyataan perolehan poinnya disalip Manchester City yang kemudian menjadi juara liga.

2. John Terry

Sama seperti Gerrard, John Terry pun berstatus sebagai kapten ketika ia membuat kesalahan yang menggagalkan upaya Chelsea meraih gelar juara Liga Champions 2007/2008.

Ketika itu, hasil imbang yang berlangsung hingga babak perpanjangan waktu membuat duel final antara Chelsea vs Manchester United harus diakhiri dengan adu penalti. Terry yang saat itu menjadi penendang kelima bisa membawa Chelsea menjadi juara andai saja ia berhasil mencetak gol.

Sayangnya sepakannya melambung tinggi, dan akhirnya Chelsea kalah 5-6 dalam babak adu penalti, yang memaksa mereka melihat United mengangkat trofi Liga Champions dalam duel yang berlangsung di Moskow.

3. Laurent Koscielny

Piala Liga memang bukan ajang besar di persepakbolaan Inggris, tapi tentunya kehilangan trofi tersebut di final tetap saja menyesakkan.

Dalam final musim 2009/2010, Arsenal yang ketika itu menghadapi Birmingham City bermain imbang 1-1 hingga menjelang akhir waktu normal. Namun, pada menit ke-89, Laurent Koscielny membuat blunder.

Koscielnya, yang tidak melihat kiper Wojciech Szczesny maju untuk mengamankan bola, justru akhirnya bertabrakan dengan sang kiper. Bola pun jatuh ke kaki penyerang Obafemi Martins yang kemudian mengubah skor menjadi 2-1 untuk kemenangan Birmingham.