Bola Internasional

Juga Mohamed Salah, 5 Pemain Top Dunia Ini Sisihkan Gajinya untuk Bangun Masjid

Selasa, 14 April 2020 17:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Jan Kruger/Getty Images
Berikut ini ada 5 pemain sepak bola top dunia yang masih aktif turut bangun tempat ibadah untuk kaum muslim dan salah satunya Mohamed Salah. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Berikut ini ada 5 pemain sepak bola top dunia yang masih aktif turut bangun tempat ibadah untuk kaum muslim dan salah satunya Mohamed Salah.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 5 pemain sepak bola top dunia yang masih aktif turut bangun tempat ibadah untuk kaum muslim, masjid, juga Mohamed Salah.

Pemain sepak bola di pentas Eropa tentu saja bakal mendapat gaji yang melipah. Karena sepak bola telah menjadi industri yang menggemaskan.

Terlebih pemain tersebut memiliki kemampuan mumpuni dan klub yang menginginkan jasanya kemungkian siap membayar mahal agar meraih prestasi.

Dengan pemasukan tiap pekan yang begitu melimpah, sejumlah pemain sepak bola top dunia yang masih aktif memiliki cara unik dalam menghabiskannya.

Beberapa diantaranya menggunakan uang tersebut untuk membangun tempat ibadah bagi kaum muslim, yakni masjid ataupun musala.

Para bintang yang melakukan aksi mulia tersebut kebanyakan datang dari pemain sepak bola beragama islam atau seorang muslim.

Berikut ini deretan pemain top dunia yang membangun sebuah masjid agar umat islam bisa beribadah dengan lancar.

1. Ousmane Dembele

© Tim Clayton/GettyImages
Ousmane Dembele, striker muda klub Liga Spanyol, Barcelona Copyright: Tim Clayton/GettyImagesOusmane Dembele, striker muda klub Liga Spanyol, Barcelona.

Penyerang Barcelona dan tim nasional Prancis Ousmane Dembele turut menjadi pemain top dunia yang masih aktif dan turut membangun masjid.

Dilansir dari laman About Islam, Dembele membangun masjid di kampung halamannya Mauritina Selatan usai memenangkan pagelaran Piala Dunia 2018 lalu.

Sebab para pemain tim nasional Prancis mendapat bonus sebesar 38 juta dolar Amerika Serikat atau senilai Rp552 miliar berdasarkan laporan media Prancis.

2. Keita Balde

© Getty Images
Pemain andalan Lazio, Keita Balde. Copyright: Getty ImagesMantan pemain klub Liga Italia Lazio, Keita Balde.

Winger kiri klub Ligue 1 Prancis AS Monaco Keita Balde juga ikut membangun sebuah masjid di tempat kelahirannya, yaitu Velingara, Senegal.

"Saya juga membangun masjid besar untuk membalas kebaikan semua orang pada saya. Sebab dalam hidup, tak soal sepak bola saja," kata Balde dikutip Record, Oktober 2018.

Selain masjid, Balde turut membangun sekolah agar anak-anak dilingkungannya itu bisa menyenyam pendidikan yang memadai.

3. Mohamed Salah

© Visionhaus/GettyImages
Pemain megabintang klub Liga Inggris, Liverpool, Mohamed Salah. Copyright: Visionhaus/GettyImagesPemain megabintang klub Liga Inggris, Liverpool, Mohamed Salah.

Berikutnya ada striker klub Liga Inggris Liverpool Mohamed Salah yang juga sempat menyumbangkan uangnya untuk membangun masjid.

Menurut laporan dari aman Calico Mercato, Salah turut menyumbang hingga 60 ribu Euro untuk masjid di wilayah Tuscany, Italia, pada 2015 lalu.

Sumbangan itu dilakukan Salah ketika masih membela klub Liga Italia (Serie A) Fiorentina. Aksi mulianya itu turut mengantarkan Salah ke puncak tertinggi juara Liga Champions.

4. Sadio Mane

© Robbie Jay Barratt/GettyImages
Sadio Mane, bintang klub Liga Inggris, Liverpool Copyright: Robbie Jay Barratt/GettyImagesSadio Mane, bintang klub Liga Inggris, Liverpool

Kemudian penyerang Liverpool lainnya, yaitu Sadio Mane turut menyisihkan gajinya untuk membuat sebuah masjid di tempat kelahirannya, yaitu Senegal.

Dikutip dari laman Muslim Feed kalau Mane menggelontorkan uang tak sedikit. Bahkan selain masjid, Mane juga ikut mendanai pembangunan sekolah.

Hal ini dilakukan Mane agar anak-anak di daerahnya bisa memiliki masa depan yang lebih baik dan tetap menjadi seorang muslim yang berbakti.

5. Demba Ba

© VCG/VCG via Getty Images
Selebrasi Demba Ba Copyright: VCG/VCG via Getty ImagesStriker tim nasional Senegal Demba Ba.

Terakhir ada penyerang klub Liga 1 Turki Istanbul Basaksehir FK Demba Ba yang juga menjadi salah satu pemain sepak bola aktif turut membangun masjid.

Dinukil dari laman media massa Senegal, sen24heuters, kalau Demba Ba menyisihkan uangnya untuk membangun masjid di Kota Doondu, Senegal, pada 2014 lalu.

"Bagi saya menjadi seorang muslim jauh lebih penting dibanding hanya pesepak bola," ujar Ba dikutip Independent.

Selain kelima bintang tadi, ada salah satu mantan pemain Sevilla Frederic Kanoute yang juga turut membangun masjid di Spanyol.