Liga Indonesia

Andai Akuisisi Liga 1 Indonesia, Pangeran Muhammad bin Salman Bisa Beli Seluruh Klub Peserta

Jumat, 17 April 2020 06:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Bernd von Jutrczenka/GettyImages
Andai Akuisisi Liga 1, Pangeran Muhammad Bisa Beli Seluruh Klub Peserta Copyright: © Bernd von Jutrczenka/GettyImages
Andai Akuisisi Liga 1, Pangeran Muhammad Bisa Beli Seluruh Klub Peserta

INDOSPORT.COM - Andai mengakuisisi Liga 1 Indonesia, Pangeran Muhammad bin Salman bisa membeli seluruh klub peserta.

Nama Pangeran Muhammad bin Salman sendiri menjadi perbincangan di berbagai media olahraga Inggris setelah dirinya resmi melakukan pembelian saham Newcastle dari tangan pengusaha lokal, Mike Ashley.

Tidak tanggung-tanggung, sang putra mahkota Kerajaan Arab Saudi tersebut menggelontorkan uang hingga 300 juta poundsterling atau setara dengan 5,9 triliun rupiah untuk mengakuisisi saham The Magpies.

Dengan tambahan dana melimpah dari sang putra Kerajaan, klub Newcastle United diprediksi bakal menjadi pesaing baru dalam perebutan gelar juara di Liga Inggris dalam beberapa tahun kedepan.

Bahkan dengan jumlah dana melimpah yang dipakai untuk membeli saham Newcastle tersebut, Pangeran Muhammad bin Salman bisa membeli seluruh skuat dari peserta Liga 1 musim ini.

Melansir dari laman transfermarkt.com, diketahui jika harga keseluruhan skuad peserta Liga 1 musim 2020 saat ini adalah sebesar 60,23 juta euro, dengan Bali United menjadi skuat termahal dengan total 5,2 juta euro.

Andai modal pembelian saham Newcastle yang dikeluarkan Pangeran Muhammad bin Salman sekitar 344 juta euro digunakan untuk mengakuisisi Liga 1, maka sang putra mahkota dapat membeli seluruh skuad peserta di musim ini.

Bukan cuman membeli seluruh skuat Liga 1, Pangeran Muhammad bahkan bisa membeli skuad seluruh peserta Liga Super Malaysia musim 2020 serta seluruh skuad peserta Liga 1 Thailand.

Kedua liga kawasan ASEAN tersebut diketahui hanya memiliki market value 33 juta euro (Liga Super Malaysia), dan 63 juta euro (Liga Thailand). Sehingga jika di total hanya sekitar 96 juta euro, belum menyentuh setengah dari harga pembelian saham Newcastle United.

1