Liga Indonesia

Dihuni Winger Lincah, Starting XI 'Dream Team' Sumatera Utara versi INDOSPORT

Jumat, 17 April 2020 19:26 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Best XI Sumatera Utara. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Best XI Sumatera Utara.

INDOSPORT.COM - Talenta Sumatera Utara (Sumut) tiada habisnya di kancah persepakbolaan Indonesia. Tercatat sejumlah pemain asal putra daerah Sumut sering menghiasi daftar skuat Timnas Indonesia dari segala kelompok umur sampai senior.

Selain dihuni potensi pemain daerahnya, namun tercatat sejumlah klub sepak bola asal Sumut cukup banyak menghiasi kancah seluruh kompetisi di tanah air.

PSMS Medan yang sudah sangat identik bagi Sumut dan Ibukotanya Medan, klub Perserikatan PSDS Deli Serdang serta Medan Jaya pernah mencicipi kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia.

Untuk talenta putra daerah Sumut, selain sering membela Panji Timnas, mereka juga memperkuat tim-tim hebat tanah air hingga klub luar negeri, seperti nama Egy Maulana Vikri yang merumput di klub Eropa asal Polandia, Lechia Gdansk.

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkum dan menyusun starting eleven (XI) pemain-pemain putra daerah Sumut yang masih aktif jika dipadukan dalam sebuah tim.

Kiper: Abdul Rohim

Talenta Sumut untuk posisi penjaga gawang tiada pernah habis. Bahkan nama-nama tenar pernah menghiasi daftar skuat Timnas Indonesia, seperti Ponirin Meka, Sahari Gultom, hingga Markus Horison.

Namun dewasa ini, talenta kiper asal Sumut mulai sedikit tergerus dengan minimnya kiper-kiper andal dari provinsi beribukota Medan ini. Akan tetapi, sejak munculnya nama Abdul Rohim, perlahan-lahan sedikit menambah secercah harapan untuk kembali hadirnya kiper-kiper bertalenta asal Sumut.

Rohim layak menghuni di bawah mistar starting eleven tin Sumut saat ini berkat kepiawaiannya serta pengalamannya. Ia pernah membawa PSMS menjadi runner-up Liga 2 2017 dan promosi ke Liga 1 meski di musim berikutnya PSMS harus kembali degradasi.

Di saat PSMS kembali berlaga di Liga 2, pemain kelahiran Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumut ini memilih bergabung dengan Persebaya Surabaya di Liga 1 2019. Namun di musim 2020 ini dirinya kembali berseragam hijau PSMS Medan.

Bek: Agung Prasetyo, Dedi Gusmawan (tengah), Firza Andika (kiri), Wiganda Pradika (kanan)

Untuk barisan lini pertahanan, kami INDOSPORT coba memasang bek jangkung Agung Prasetyo serta pemain sarat pengalaman Dedi Gusmawan untuk mengisi stoper.

Kedua pemain ini dinilai layak untuk mengisi posisi bek tengah karena sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak di sejumlah klub-klub tanah air.

Agung pernah main di PSM Makassar dan Semen Padang pada Liga 1 musim lalu, sebelum akhirnya di musim ini bergabung dengan PSMS di Liga 2.

Sedangkan Dedi adalah bek senior yang sudah malang melintang di sejumlah klub tanah air bahkan pernah bermain di klub Myanmar dan musim ini memilih bergabung dengan klub Liga 1, PSM Makassar.

Untuk bek kanan, kami coba menjatuhkan pilihan kepada Wiganda Pradika. Pengalamannya pernah membela PSMS Medan, PS TNI (sekarang TIRA-Persikabo), serta Mitra Kukar serta Badak Lampung di Liga 2 musim ini dinilai cukup tepat untuk mengisi pos tersebut.

Sementara di posisi bek kiri, kami memilih Firza Andika yang dikenal memiliki pergerakan yang bagus di sisi sayap kiri. 

Selain itu eks pemain PSMS yang kini berseragam PSM Makassar ini sangat tepat mengisi pos tersebut karena pengalamannya yang pernah menjadi skuat Timnas Indonesia U-19 dan U-23. Selain itu ia juga pernah menimba ilmu di klub Belgia, Tubize.