Bola Internasional

Lini Belakang Timnas Indonesia Bakal Pincang di Piala AFF 2020

Jumat, 17 April 2020 21:24 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bakal kehilangan sosok bek tangguh yakni Rudolof Yanto Basna dalam mengikuti turnamen Piala AFF 2020 pada November mendatang.

Pasalnya, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) baru saja memutuskan supaya Liga Thailand bisa digelar kembali pada September 2020 hingga Mei 2021.

Karena pandemi virus corona, FAT lebih memilih untuk menyelesaikan kompetisi domestik ketimbang ikut dalam ajang Piala AFF 2020.

Tak hanya itu, bila Thailand nekat untuk ikut akan banyak klub yang akan menolak melepas pemain karena Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA.

Karena hal itu, Rudolof Yanto Basna yang saat ini menjadi andalan klub kasta tertinggi Liga Thailand yaitu PT Prachuap FC dipastikan tidak bisa membela Timnas Indonesia.

Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, harus mencari alternatif lain supaya lini belakangnya tidak mudah ditembus. Pasalnya Rudolof Yanto Basna merupakan bek yang selalu menjadi langganan tim Garuda.

Tetapi penampilan Yanto Basna di pertandingan terakhir saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia lalu menuai kritik pedas para suporter.

Dalam laga yang digelar pada November 2019 lalu, Yanto Basna melakukan blunder hingga membuat Muhammad Safawi Rasid sukses menyarangkan bola ke gawang Timnas Indonesia.