Liga Inggris

Eks Mitra Kukar Pernah Bela Klub yang Diakuisisi Pangeran Salman

Sabtu, 18 April 2020 18:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© instagram.com/bigguth20
Eks Mitra Kukar Danny Guthrie ternyata pernah membela klub Liga Inggris yang bakal diakuisisi Pangeran Salman, Newcastle United. Copyright: © instagram.com/bigguth20
Eks Mitra Kukar Danny Guthrie ternyata pernah membela klub Liga Inggris yang bakal diakuisisi Pangeran Salman, Newcastle United.

INDOSPORT.COM - Eks Mitra Kukar Danny Guthrie ternyata pernah membela klub Liga Inggris yang bakal diakuisisi Pangeran Salman, Newcastle United.

Kabar mengejutkan kembali datang dari dunia sepak bola Eropa, tepatnya Inggris. Lantaran salah satu saham klub Liga Inggris Newcastle United akan dibeli.

Salah seorang yang bakal mengakuisisi Newcastle United ialah konglomerat Arab Saudi, yakni Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Dikutip Daily Star, pemilik Newcastle United Mike Ashley menjual klub berjuluk The Toon Army ke Pangeran Salman sebesar 300 juta pundsterling (Rp5,9 triliun).

Menurut sederet media massa Inggris, kalau kesepakatan telah tercapai tinggal mengurus dokumen dan tinggal mengumumkan kepada publik saja.

Pangeran Salman sebelumnya sempat berusaha membeli klub rival Manchester United tetapi gagal. Kini Pangeran Salman bakal berinvestasi di Newcastle United.

Manuver perdana dari Pangeran Salman ialah berusaha untuk mendaratkan pelatih sekaliber Massimiliano Allegri yang telah terbukti kala bersama Juventus.

Kemungkinan, banyak yang memprediksi kalau para pemain bintang bakal didaratkan Pangeran Salman demi menyulap Newcastle United menjadi klub yang disegani.

Kendati demikian ternyata ada kisah menarik datang dari salah satu eks Mitra Kukar Danny Guthrie yang ternyata pernah membela Newcastle United dalam kariernya.

Newcastle United sukses mendaratkan Danny Guthrie dari Liverpool dengan mahar sebesar 4,3 juta Euro (Rp71,1 miliar) berdasarkan data Transfermarkt pada awal 2008-09.

Pada musim perdana membela Newcastle, Danny gagal membawa klub tersebut lolos dari jurang degradasi. Sehingga pada musim 2009-10 harus bermain di Divisi Championship.

Akan tetapi Danny turut mengantarkan Newcastle United kembali promosi ke Liga Inggris sekaligus menyandang juara Divisi Championship.

© Getty Images
Danny Guthrie saat bermain di Newcastle United. Copyright: Getty ImagesDanny Guthrie saat bermain di Newcastle United.

Kemudian di musim 2010-11, Danny membawa Newcastle United finis di posisi 12. Lalu di musim terakhir bersama Newcastle United, Danny membawa tim tersebut duduk di posisi lima dan tembus ke Liga Europa.

Usai hengkang dari Newcastle United, Danny berpetualang ke sejumlah klub. Hingga pada akhirnya mendarat di Indonesia kala membela Mitra Kukar di Liga 1 2018.

Meski bermain sebanyak 30 kali dengan mengemas dua gol, tetapi Danny gagal membawa Mitra Kukar lolos dari zona degradasi usai finis di posisi ke-16.

Kini Danny masih bermain untuk klub League Two (kasta ketiga Liga Inggris) Walsall sejak 11 Juli 2019 dan berakhir pada 30 Juni 2020 mendatang.