Liga Inggris

Mungkin Tak Lanjut sebelum 8 Juni, Bagaimana Nasib Liga Inggris?

Sabtu, 18 April 2020 11:35 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Liga Inggris kabarnya bisa dimulai kembali pada 8 Juni mendatang. Namun, hal ini masih menjadi pertimbangan di tengah pandemi virus corona yang masif di negara tersebut.

Pandemi virus corona di Inggris mengakibatkan banyak kompetisi sepak bola harus dihentikan sementara waktu hingga kondisi kembali normal.

Sempat dikabarkan bahwasannya kompetisi kasta teratas Liga Inggris akan digelar kembali pada 8 Juni 2020 mendatang dengan syarat dilakukan secara tertutup.

Lebih lanjut, diwartakan Sky Sports, klub-klub Liga Inggris pada Jumat (17/04/20) waktu setempat telah mengadakan pertemuan online untuk mebahas tanggal bergulirnya kembali kompetisi.

“Rapat pemegang saham hari ini menyediakan kesempatan untuk membahas model-model penjadwalan yang memungkinkan. Tujuan kami adalah tetap menuntaskan musim ini,” kata juru bicara Liga Inggris.

Namun, melihat respons pemerintah Inggris saat ini mengenai penerapan lockdown membuat masing-masing klub Liga Inggris belum bisa memastikan tanggal bergulir.

Pada pertemuan tersebut juga membahas kesehatan dan kesejahteraan pemain, pelatih, staf klub, serta para penggemar yang telah lama tidak menikmati kompetisi.

“Kesehatan dan kesejahteraan pemain, pelatih, manajer, staf klub, dan pendukung adalah prioritas kami dan liga hanya akan mulai ketika pedoman kesehatan membolehkan,” tambahnya.

Dalam konferensi video itu tak ada pembahasan mengenai komplikasi atau dampak musim yang dilanjutkan melebihi 30 Juni ketika sejumlah pemain dan pelatih habis kontrak.

Sementara itu, Liga Sepak Bola Inggris (EFL) yang mengelolah divisi di bawah Liga Primer menyatakan bahwa tim-tim baru akan berlatih paling cepat 16 Mei.

Jika mereka dibolehkan berlatih, mereka memiliki dua sampai tiga pekan guna mempersiapkan untuk melanjutkan musim yang tertunda.