Liga Italia

Lanjutan Serie A Hanya Digelar di 4 Kota, Lazio dan Roma Untung?

Minggu, 19 April 2020 14:39 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Hellas1903.it
Lanjutan Serie A Italia musim ini hanya akan digelar di 4 kota. Copyright: © Hellas1903.it
Lanjutan Serie A Italia musim ini hanya akan digelar di 4 kota.

INDOSPORT.COM – Perencanaan kelanjutan kompetisi Serie A Italia musim ini terus dilakukan dengan opsi terbaru menggelar pertandingan secara terpusat di 4 kota, termasuk Roma.

Seperti diketahui, liga Serie A Italia musim ini terpaksa dihentikan sementara ketika baru memasuki pekan ke-26 akibat pandemi corona. Italia sendiri merupakan salah satu negara Eropa yang mengalami dampak terparah dari virus corona. Berbagai opsi tentang kapan dan bagaimana kompetisi akan dilanjutkan terus dipersiapkan oleh otoritas liga.

Kini, dilansir Football Italia, muncul opsi terbaru cukup ekstrem untuk menggelar lanjutan liga hanya di 4 kota. Usulan ini muncul akibat separuh kasus kematian akibat Covid-19 terpusat di wilayah Lombardy, yang berada di kawasan utara Italia.

Dengan demikian, guna menghindari kemungkinan adanya gelombang baru pandemi, kompetisi bisa digelar di 4 kota di wilayah tengah dan selatan. Tiga dari 4 kota yang diusulkan adalah Roma, Naples, dan Florence, sementara 1 kota lagi belum ditentukan.

“Dalam hal infeksi, Italia tidak berada dalam kondisi yang sama. Wilayah tengah dan selatan tidak mengalami ledakan kasus seperti yang terjadi di utara,” ujar Walter Riccardi, anggota WHO asal Italia.

“Memisahkan wilayah berdasarkan tingkatan risiko adalah tindakan yang tepat, jadi kami mengajukan usulan untuk menggelar pertandingan di tengah-selatan karena tidak masuk akal melarang aktivitas ketika tidak ada kasus seperti di utara.”

Pandemi corona di Italia memang lebih terpusat di wilayah Lombardy, yang menjadi markas dari AC Milan, Inter Milan, Brescia, dan Atalanta.

Klub-klub liga Italia sendiri berencana mulai berlatih pada Mei nanti ketika larangan beraktivitas di luar rumah dicabut oleh pemerintah Italia.

Meski demikian, rencana menggelar kompetisi hanya di 4 kota tentu akan lebih aman bagi para pemain. Upaya menjamin keselamatan maka para pemain bisa dilakukan lebih mudah dengan melarang para pemain meninggalkan lokasi latihan selama periode lanjutan liga.

Namun meski kompetisi hanya akan digelar di kota tertentu, hal ini tidak akan menguntungkan tim-tim seperti Lazio, Roma, Napoli, Fiorentina yang akan menjadi tuan rumah. Pasalnya, semua laga lanjutan liga akan digelar secara tertutup, tanpa kehadiran penonton.