Liga Indonesia

Singgung soal Sekjen, Ini Harapan Umuh Muchtar di Ulang Tahun PSSI

Minggu, 19 April 2020 17:06 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Harapan komisaris Persib, Umuh Muchtar, di hari ulang tahun PSSI yang ke-99. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Harapan komisaris Persib, Umuh Muchtar, di hari ulang tahun PSSI yang ke-99.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar berharap pada ulang tahun PSSI ke-90, Minggu (19/04/20), induk organisasi sepak bola Indonesia tersebut semakin maju dan lebih baik lagi. 

Menurutnya, ulang tahun PSSI kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya, karena pandemi virus corona atau covid-19. Sehingga aktivitas sepak bola di Indonesia saat ini dihentikan sementara. 

Selain itu, pada ulang tahunnya ke-90 PSSI baru saja ditinggalkan Sekjennya Ratu Tisha Destria, yang memilih untuk mundur dari jabatan sebagai Sekjen. Sehingga, diharapkan induk organisasi sepak bola Indonesia bisa segera mendapatkan sosok pengganti yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. 

"Mudah-mudahan ke depan di ulang tahun PSSI ini kita diberikan kelancaran, kebaikan dengan musibah seperti ini. Di PSSI juga khususnya sekarang gak ada Sekjen setelah kemarin mundur," ucap Umuh, Minggu (19/04/20). 

"Semoga cepat terbentuk (ada penggantinya), ke depan bisa lebih baik, kalau corona sudah selesai juga mudah-mudahan PSSI cepat bangkit," harapnya. 

Pada ulang tahun PSSI sebelumnya, pria yang akrab disapa Pak Haji ini rutin mengunjungi serta ziarah ke makam pendiri dan ketua umum pertama PSSI Ir. Soeratin di TPU Sirnaraga, Kota Bandung. 

Menurut Umuh, tradisi ziarah ke makam Soeratin untuk tahun ini ditiadakan, karena kondisi yang tidak memungkinkan. Meski begitu, ia tetap mendoakan ketua umum PSSI pertama tersebut. 

"Kita ngerem (berhenti) dulu itu kan (ziarah) sunah, tidak wajib. Kita sementara seperti begini, kita harusnya kumpul di masjid tapi sementara kita bukan tidak boleh (ke mesjid) tapi menghindarkan diri untuk keselamatan semua dan kebaikan semua," ungkapnya. 

Sementara itu, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 saat ini dihentikan sementara, setelah Liga 1 bergulir selama tiga pekan. Hal itu bertujuan, untuk mencegah penyebaran virus corona.