Liga Spanyol

Sir Alex Ferguson Nyaris Persatukan Messi dan Ronaldo

Minggu, 19 April 2020 15:54 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Isman Fadil
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Cristiano Ronaldo nyaris perkuat Barcelona dan jadi tandem sempurna Lionel Messi. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Cristiano Ronaldo nyaris perkuat Barcelona dan jadi tandem sempurna Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, nyaris membuat raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, menjadi tim terkuat di Eropa ketika ingin sandingkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Hal ini bermula ketika Ronaldo akan menyelesaikan masa baktinya di Old Trafford pada 2009 silam. Diketahui saat itu winger Timnas Portugal ini sempat diminati Real Madrid yang siap menggelontorkan dana 80 juta poundsterling (Rp1,5 triliun).

Tentunya bisa ditebak ketika Ronaldo gabung Real Madrid menjadi salah satu kejadian bersejarah dimana mereka mampu bangkit dan meraih kesuksesan lewat kemenangan banyak trofi. Akan tetapi, Ferguson memiliki rencana agar pemain ikonik bernomor punggung tujuh itu justru gabung rival LaLiga Spanyol, Barcelona.

Dilansir laman berita Give Me Sport, Ferguson yang mengerti akan karier gemilang sang bintang sempat menawarkan Ronaldo ke Barcelona. Keputusan ini terkait ketidaksukaan eks pelatih Manchester United itu pada Real Madrid.

Ferguson lantas sempat mencoba menghubungi pihak Barcelona dengan tawaran menggiurkan. Hanya saja usahanya harus kandas ketika Ronaldo malah ngotot ingin pergi ke Real Madrid.

Padahal jika niat Ferguson terlaksana, bukan tidak mungkin Barcelona akan memiliki amunisi besar sehingga kian mendominasi Eropa. Padahal saat itu menjadi masa-masa keemasan Pep Guardiola selaku pelatih utama dalam menjuarai liga domestik dan panggung Eropa.

Belum lagi kehadiran para generasi emas yang menjadi kekuatan utama Barcelona seperti Carles Puyol, Andres Iniesta, Xavi, dan tentu saja Lionel Messi. Kehadiran Ronaldo bisa kian melengkapi dominasi mereka dalam kejuaraan LaLiga Spanyol.

Apalagi jika Ronaldo dipasangkan dengan Messi pada lini depan bisa dibayangkan klub yang bermarkas di Camp Nou ini akan tidak terhentikan. Meski demikian pada akhirnya keputusan eks striker Manchester United tersebut juga telah mengubah takdir kariernya secara keseluruhan.

Keputusan Ronaldo untuk perkuat Real Madrid membuat dirinya justru memiliki ikatan rival dengan Messi yang sampai saat ini menjadi pemain ikonik Barcelona. Selama sembilan tahun masa bakti di Los Blancos, dirinya catatkan statistik 450 gol dan 131 assists dalam 438 penampilan.