Liga Indonesia

Melihat Tuah dan Aroma Samba di Persebaya, Ada Jacksen F Tiago

Rabu, 22 April 2020 13:43 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© emosijiwaku.com
Jacksen F Tiago merupakan salah satu pemain Samba di Persebaya pada masanya. Copyright: © emosijiwaku.com
Jacksen F Tiago merupakan salah satu pemain Samba di Persebaya pada masanya.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persebaya Surabaya, tidak bisa lepas dari pemain-pemain asal Negeri Samba atau Brasil. Hal tersebut bisa dilihat dari sepak terjang Bajul Ijo selama mengikuti kompetisi Liga Indonesia.

Dari situ juga mereka berhasil mencicipi manisnya gelar juara. Persebaya berhasil meraih memenangkan kompetisi musim 1996-1997. Kala itu, Bajul Ijo memiliki striker asal Brasil yang sangat berbahaya dan sangat produktif.

Dia adalah Jacksen F Tiago. Pemain yang saat ini menukangi Persipura Jayapura itu pun ditasbihkan sebagai top skor sepanjang masa Persebaya Surabaya.

Selama dua musim membela Bajul Ijo yakni pada 1996-1997 dan 1997-1998. Jacksen berhasil menorehkan 42 gol. Tak hanya itu, saat itu dia juga diganjar sebagai top skor dengan 26 gol pada musim 1996-1997.

Tuah Samba, Jacksen F Tiago itu terus menjalar, tapi kali ini bukan sebagai pemain Persebaya melainkan pelatih. Ya, dia pun pernah mempersembahkan gelar juara Bajul Ijo pada musim 2002-2003 dan promosi dari divisi satu.

Setahun berselang, dia berhasil mengantarkan Persebaya juara divisi utama pada 2003-2004. Skuat Bajul Ijo pada musim itu pun terbilang komplet dan saling melengkapi.

Salah satu pemain Brasil masa kini di Persebaya yang tak kalah moncer adalah Danilo Fernando. Meskipun dia bukan striker melainkan gelandang serang, produktivitasnya tak perlu diragukan lagi.

Selama satu musim membela Persebaya, dia berhasil melesatkan 26 gol di kompetisi divisi utama. Tak heran dengan kualitasnya, banyak tim yang menginginkam jasanya.

Untuk saat ini, tuah Negeri Samba di Persebaya ternyata masih sangat terasa. David da Silva berhasil membawa Persebaya juara turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2019 yang lalu.

Tak hanya itu, pemain plontos itu berhasil menorehkan 39 gol di semua ajang kompetisi dan turnamen yang diikuti Persebaya. Torehan itu bisa terus berlanjut mengingat saat ini David da Silva masih membela Bajul Ijo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%