Bola Internasional

Siapa The Real Ronaldo? Ini Jawaban Berkelas Legenda Brasil

Rabu, 22 April 2020 19:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Ronaldo Luis Nazario de Lima buka suara soal kesamaan panggilan nama dengan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Copyright: © Getty Images
Ronaldo Luis Nazario de Lima buka suara soal kesamaan panggilan nama dengan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Brasil, Ronaldo de Lima, menjawab siapa sebenarnya sosok "Real" Ronaldo, dalam sejarah sepak bola. Hal ini dia ungkap saat dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo.

Istilah Ronaldo yang asli atau "Real Ronaldo" mulai muncul menjelang pertengahan era 2000-an. Istilah ini dipakai untuk membedakan dua pemain dengan nama yang sama.

Satu adalah Ronaldo Luis Nazario de Lima, pemain sepak bola Brasil yang lahir pada 1976. Satunya lagi adalah Cristiano Ronaldo, pemain asal Portugal kelahiran 1985.

Penggunaan awalan 'real' mulai meluas saat karier Cristiano Ronaldo mulai menanjak. Penggunaan kata "Real Ronaldo" sendiri lebih merujuk ke Ronaldo yang berasal dari Brasil.

Berbicara terkait hal tersebut, Ronaldo de Lima pun memastikan siapa yang asli dalam sebuah wawancara virtual bersama Fabio Cannavaro.

“Pasti menyebalkan bagi Cristiano (Ronaldo) ketika mereka mengatakan bahwa saya adalah Ronaldo yang asli. Orang-orang tidak bisa dibandingkan,” kata pria yang kini menjadi presiden Real Valladolid itu, dilansir dari AS.

“Cristiano (Ronaldo) akan tetap dalam sejarah sepak bola untuk gol dan keberlangsungan yang telah dia capai. Dia akan tetap menjadi salah satu yang terbaik. Dia sama seperti Lionel Messi, seperti yang lain,” kata mantan striker itu.

Semasa aktif sebagai pemain, Ronaldo de Lima mengantongi 363 gol dan 59 assist dalam 555 pertandingan yang dialakoni bersama negara dan mantan klubnya.

Dalam perjalanan kariernya, legenda yang kini berusia 43 tahun itu juga meraih dua kali Ballon d'Or dan tiga kali Pemain Terbaik Dunia FIFA of the Year.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo yang mengukuhkan dirinya sebagai pemain sepak bola terhebat sepanjang masa memiliki pencapaian yang nyaris tak terkalahkan oleh rivalnya.

Tercatat, bintang Juventus itu telah mengoleksi 725 gol dan 220 assist dalam 1000 penampilan bersama seluruh klub dan bangsa di sepanjang kariernya. Pencapaian itu membuatnya lima kali meraih gelar Ballon d’Or.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah. Meski sudah menginjak 34 tahun, Cristiano Ronaldo masih menunjukkan permainan di level teratas.