Liga Spanyol

3 Fakta Marcelino Garcia, Juru Taktik Spanyol 'Ban Serep' Rangnick di AC Milan

Kamis, 23 April 2020 15:16 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© getty images
Negosiasi yang tak kunjung rampung antara Ralf Rangnick dengan AC Milan kembali memunculkan nama alternatif pelatih baru, Marcelino Garcia. Copyright: © getty images
Negosiasi yang tak kunjung rampung antara Ralf Rangnick dengan AC Milan kembali memunculkan nama alternatif pelatih baru, Marcelino Garcia.

INDOSPORT.COM - Negosiasi yang tak kunjung rampung antara Ralf Rangnick dengan AC Milan kembali memunculkan nama alternatif pelatih baru, Marcelino Garcia.  

Klub Serie A Italia, AC Milan, dikabarkan tengah mengincar pelatih baru sebagai pengganti Stefano Pioli di musim depan. Nama pelatih asal Jerman, Ralf Rangnick, muncul jadi yang terdepan. 

Namun, hingga saat ini negosiasi antara Milan dengan Rangnick belum menemui kata sepakat. AC Milan pun dikabarkan tengah mencari calon pelatih alternatif baru. 

Nama juru taktik Spanyol, Marcelino Garcia Toral, digadang-gadang jadi incaran Milan berikutnya. Eks pelatih Valencia ini sebetulnya bukan nama baru dalam bursa calon pelatih Milan. 

Namun begitu, namanya semakin berembus seiring alotnya negosiasi dengan Ralf Rangnick. Berikut ini kami rangkum tiga fakta tentang Marcelino Garcia, juru taktik Spanyol 'ban serep' Rangnick di AC Milan. 

1. Sukses Bersama Valencia

Marcelino Garcia semakin dikenal saat menjadi pelatih klub papan atas LaLiga Spanyol, Valencia. Selama dua musim memegang Valencia (2017-2019), Marcelino sukses mengembalikan tim ke jajaran papan atas. 

Pada akhir musim 2017-2018 Marcelino membawa Valencia finis di peringkat empat klasemen akhir dan berhak atas tiket kompetisi Liga Champions Eropa. 

Pada musim 2018-2019, Marcelino berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey untuk El Che setelah mengalahkan Barcelona di final dengan skor 2-1. Di La Liga, Valencia kembali finis di posisi keempat. 

2. Konflik dengan Presiden Valencia

Meski sukses mengangkat performa Valencia, namun perpisahan Marcelino dengan klubnya itu diwarnai konflik. Marcelino dipecat hanya beberapa hari sebelum laga melawan Barcelona. 

Pemecatan ini dilakukan setelah tiga laga awal LaLIga. Pelatih 54 tahun itu dilaporkan berselisih dengan pemilik klub, Peter Lim. Para pemain sendiri merasa keberatan dengan pemecatan tiba-tiba yang dilakukan klub. 

Sebagai akibatnya, para pemain menyatakan protes ketika pelatih baru, Albert Celades, datang menggantikan Marcelino di Mestalla. 

3. Rekam Jejak Mentereng di Liga Spanyol

Marcelino Garcia bisa dibilang merupakan pelatih spesialis Liga Spanyol. Maklum, Marcelino belum sekali pun merantau ke luar negaranya. 

Selama menekuni karier di Spanyol, Marcelino telah menangani tujuh klub. Sebelum melatih Valencia, Marcelino pernah membesut Sporting Gijon, Recreativo, Racing Santander, Real Zaragoza, Sevilla, Villarreal, dan Valencia. 

Selain Copa del Rey, Marcelino pernah mempersembahkan trofi divisi segunda untuk klub Recreativo de Huelva. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%