In-depth

Best XI Kelahiran Sulawesi Utara: Kombinasi Liga 1 dan Liga 2

Kamis, 23 April 2020 15:46 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Berikut The Best XI pesepakbola kelahiran Sulawesi Utara (Sulut) yang merupakan hasil kombinasi sempurna dari pemain klub Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Berikut The Best XI pesepakbola kelahiran Sulawesi Utara (Sulut) yang merupakan hasil kombinasi sempurna dari pemain klub Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut The Best XI pesepakbola kelahiran Sulawesi Utara (Sulut) yang merupakan hasil kombinasi sempurna dari pemain klub Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

Sulut merupakan salah satu provinsi dari Pulau Sulawesi yang dikenal sangat banyak menghasilkan pesepakbola profesional di dunia si kulit bundar tanah air sejak dahulu kala.

Tak hanya itu, dibandingkan Sulawesi Selatan yang hanya memiliki PSM Makassar saja, Sulut pernah memiliki tiga klub profesional sekaligus di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Ketiga klub tersebut ialah Persma Manado 1960, Persmin Minahasa, dan Persibom Bolaang Mongondow yang menjadi kekuatan diajang Divisi Utama Liga Indonesia 2007/08.

Meski ketiga klub tersebut sempat mati suri yang turut berimbas ke gairah sepakbola Sulut, rupanya masih banyak pesepakbola profesional yang mempekuat klub lain.

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum The Best XI Pesepakbola Kelahiran Sulut.

Kiper: Rivky Mokodompit

Sulut dikenal sebagai surganya penghasil kiper berbakat di Indonesia saat ini. Ada trio kiper legendaris Hendra Pandeynuwu, Joice Sorongan, dan Jendri Pitoy hingga Geri Mandagi.

Untuk generasi muda saat ini, ada anak kandung Hendra yakni Gianluca Pandeynuwu yang saat ini memperkuat Borneo FC. Juga ada Mario Fabio Londok milik Persipura Jayapura.

Namun, dari sekian banyak kiper berkualitas yang lahir di Sulut, INDOSPORT menjatuhkan pilihan kepada kiper milik Persebaya Surabaya, Rivky Deython Mokodompit.

Bukan tanpa alasan, Rivky merupakan satu-satunya kiper asal Sulut yang konsisten diajang Liga 1. Hingga saat ini, kiper kelahiran Kotamobagu ini telah mengemas 83 laga plus 28 diantaranya tak kebobolan.

Selain itu, Rivky juga pernah membawa PSM Makassar menjadi runner up Liga 1 2018 silam. Kiper berusia 31 tahun ini juga mempersembahkan gelar Piala Indonesia 2018/19 untuk Pasukan Ramang.

Bek: Michael Orah, Andreas Karundeng, Jacky Runtulalo

Untuk posisi bek, INDOSPORT memilih untuk mencantumkan tiga nama saja. Adapun ketiga pemain tersebut ialah antara lain Michael Orah, Andreas Karundeng, dan Jacky Runtulalo.

Orah merupakan salah satu bek sayap yang lahir di Tomohon pada 3 Juli 1985. Sejumlah klub besar pernah dibelanya seperti Persija Jakarta, Borneo FC, Mitra Kukar, dan Kalteng Putra.

Saat ini, Orah memperkuat Bali United sejak awal musim Liga 1 2019 lalu. Ia pun berhasil membawa Serdadu Tri Datu menjadi kampiun pada akhir musim dengan mencatatkan 17 penampilan.

Selanjutnya ada nama Andreas Karundeng yang saat ini memperkuat klub Liga 2 2020, Persewar Waropen. Bek berusia 26 tahun ini lahir di Kawanua, Sulut, pada 28 Agustus 1983.

Andreas merupakan jebolan Tim Sepakbola Pra PON Sulut 2016 dan kemudian memperkuat Kalteng Putra. Setelah itu, ia hengkang ke PSBS Biak kemudian menuju ke Persewar pada musim 2020.

Terakhir ialah Jacky Adrian Runtulalo, bek kelahiran Manado pada 17 Januari 1994. Pengidola Riccardo Salampessy ini memperkuat klub kota asalnya yang berlaga diajang Liga 2 2020, Sulut United.

Jacky pernah membawa Persma Manado 1960 dan PS Manguni menjuarai Liga 3 Zona Sulut pada tahun 2016 dan 2017. Prestasi terbesarnya ialah membawa Persita Tangerang menjadi runner up Liga 2 2019.