Liga Indonesia

PSSI Ulang Tahun, Dosen di Yogyakarta Rilis Buku Bola Kita

Kamis, 23 April 2020 19:21 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dosen jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammad Yogyakarta (UMY), Fajar Junaedi merilis buku terbarunya berjudul Bola Kita.

Peluncuran buku ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun PSSI yang ke-90 pada Minggu (19/04/20) silam. Fajar Junaedi menulis buku dengan judul Bola Kita bersama salah satu jurnalis asal media di Jawa Timur yakni Miftakhul F.S.

Di dalam buku tersebut, Fajar bersama Miftakhul menulis tentang ekonomi politik sepak bola, sepak bola dan fans, serta media, dan kemanusiaan.

Mulai dari pendanaan klub yang harus mandiri dan profesional, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, hingga literasi suporter sepak bola dan media, dijabarkan oleh Fajar Junaedi dan Miftakhul di dalam buku tersebut.

Setelah buku ini dirilis, salah satu sahabat Fajar Junaedi yakni ketua Asprov PSSI DIY Ahmad Syauqi Soeratno menyambut positif hadirnya buku ini.

Menurut Ahmad Syauqi, walaupun dua penulis ini memiliki latar belakang yang cukup berbeda, tetapi ada kesinambungan antara keduanya sehingga buku Bola Kita sangat menarik untuk dibaca.

“Penulis pertama adalah dosen, sedang penulis kedua adalah jurnalis. Mesikupun demikian ada benang merah yang menautkan keduanya yaitu mereka adalah pecinta sepak bola Indonesia yang tulus,” tutur Syauqi.

“Keduanya juga bukan sekadar dosen dan jurnalis, namun suporter sepak bola yang datang ke tribun stadion,” imbuh pria yang juga kandidat sekjen baru PSSI ini.

Yang menarik dari buku yang diterbitkan Fandom ini, seluruh royalti dan penjualan buku akan didonasikan untuk membantu penanganan Corona melalui Lazismu untuk program Muhammadiyah Covid-19 Command Center.