Liga Indonesia

4 Pemain Sepak Bola Mualaf Pernah Berseragam Timnas Indonesia

Senin, 27 April 2020 08:43 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Tercatat ada 4 Pemain sepak bola beragama Islam atau seorang mualaf yang pernah berseragam Timnas Indonesia sepanjang kariernya. Copyright: © Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Tercatat ada 4 Pemain sepak bola beragama Islam atau seorang mualaf yang pernah berseragam Timnas Indonesia sepanjang kariernya.

INDOSPORT.COM - Tercatat ada 4 Pemain sepak bola beragama Islam atau seorang mualaf yang pernah berseragam Timnas Indonesia sepanjang kariernya.

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam. Sehingga budaya muslim cukup kental di beberapa daerah Nusantara.

Nuansa Islam yang indah selalu hadir di berbagai momen. Hal ini tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari budaya Islam.

Hal itu juga kerap terlihat dalam dunia olahraga, dimana ada sejumlah atlet melakukan selebrasi sujud atau berdoa sebelum melakoni pertandingan.

Begitu juga sepak bola Indonesia yang selalu menghadirkan nuansa islam mulai dari salawat di dalam stadion jelang laga hingga hal-hal lainnya.

Tak jarang membuat pemain lokal atau asing non-muslim akhirnya memeluk islam. Sebagian legiun luar negeri bahkan turut pindah warga negara karena beragam hal.

Puncak dari karier seorang pemain ialah bisa membela tim nasional negara masing-masing, termasuk Indonesia. Karena membawa nama bangsa di pentas internasional.

Beberapa diantaranya bahkan ada seorang mualaf yang turut membela Timnas Indonesia di kancah internasional. Lantas siapa saja pemain yang dimaksud?

1. Diego Michiels

© Soe Than Win/AFP via Getty Images
Pemain Malaysia Mansor Muhd Nazmi Faiz (kiri) berduel dengan bek Timnas Indonesia Diego Michiels (kanan) di SEA Games 2013. Copyright: Soe Than Win/AFP via Getty ImagesPemain Malaysia Mansor Muhd Nazmi Faiz (kiri) berduel dengan bek Timnas Indonesia Diego Michiels (kanan) di SEA Games 2013.

Bek sayap kanan sekaligus kapten Borneo FC di Liga 1 2020 Diego Michiels merupakan pemain naturalisasi mualaf yang pernah berseragam Timnas Indonesia.

Diego pernah membela Timnas Indonesia U-23 selama dua tahun dan menorehkan 16 laga serta mengantarkan rengkuh medali perak SEA Games 2011 dan 2013.

Pemain 29 tahun ini juga turut membela Timnas Indonesia senior sejak 2012 dan membuat tiga laga. Diego telah menjadi mualaf sejak 13 Februari 2013 lalu.

2. Markus Haris Maulana

© Adek Berry/AFP via Getty Images
Mantan kiper Timnas Indonesia Markus Horison. Copyright: Adek Berry/AFP via Getty ImagesMantan kiper Timnas Indonesia Markus Horison.

Berikutnya ada mantan kiper kawakan PSMS Medan Markus Haris Maulana yang juga merupakan seorang mualaf dan sempat berseragam Timnas Indonesia.

Pemain yang biasa disebut Markus Horison itu membela Timnas Indonesia sejak 2007-12. Puncaknya Markus membawa Timnas Indonesia runner up Piala AFF 2010.

Markus menjadi mualaf sejak 2004 silam tanpa ada paksaan dari siapapun. Kini pria 39 tahun itu dipercaya menjadi pelatih kiper Timnas Indonesia U-16.

3. Erol FX Iba

© Otto Syaban/Simamaung
Mantan pemain Persegres Gresik United Erol FX Iba. Copyright: Otto Syaban/SimamaungMantan pemain Persegres Gresik United Erol FX Iba.

Kemudian ada mantan bek sayap kiri Erol FX Iba. Pria kelahiran Jayapura 40 tahun silam ini telah menjadi mualaf sejak 2002 lalu usai lama membela Semen Padang.

Erol juga pernah berseragam Timnas Indonesia U-23 pada 2001. Lalu tembus ke senior selama tiga tahun (2006-09) dengan membuat 15 penampilan saja.

Saat ini Erol Iba didapuk menjadi asisten pelatih klub Liga 2 2020 Persiba Balikpapan, menemani sang juru taktik utama Angel Alfredo Vera.

4. Cristian Gonzales

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Cristian Gonzales bersiap menerima bola dalam latihan bersama Timnas senior di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Senin (07/07/14). Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORTCristian Gonzales bersiap menerima bola dalam latihan bersama Timnas senior di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Senin (07/07/14).

Terakhir ada Cristian Gonzales ternyata merupakan seorang pemain naturalisasi yang telah menjadi mualaf sejak 2003 silam kala membela PSM Makassar.

Gonzales pernah membela Timnas Indonesia selama lima tahun, yakni 2010-15. Pria 43 tahun itu sukses membuat 12 gol dari 28 pertandingan di semua ajang.

Puncaknya, Gonzales hanya mampu mengantarkan Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2010 usai menelan kekalahan menyakitkan dari Malaysia.