Liga Spanyol

Zinedine Zidane Punya Banyak Kambing Hitam di Real Madrid

Selasa, 28 April 2020 11:01 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Kepala pelatih klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, Zinedine Zidane, dikenal punya konflik dengan sejumlah pemain. Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Kepala pelatih klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, Zinedine Zidane, dikenal punya konflik dengan sejumlah pemain.

INDOSPORT.COM - Bicara Zinedine Zidane, yang terlintas ialah pelatih mumpuni Real Madrid sepanjang LaLiga Spanyol. Meski berpredikat baik, dirinya punya hubungan tak harmonis dengan banyak pemain.

Performa Zidane sejatinya pantas mendapat acungan jempol ketika sukses menorehkan prestasi berupa trofi liga domestik dan banyak penghargaan lain. Salah satu prestasinya yang paling membanggakan ialah tiga kali juara Liga Champions.

Sayang meski punya prestasi menjanjikan, Zidane rupanya memiliki pemain bulan-bulannya yang jadi batu sandungannya di Real Madrid. Dilansir laman berita Marca, ada lima pemain yang dianggap kerap menjadi biang masalah bagi pelatih asal Prancis itu.

1. Alvaro Morata

Mampu catatkan performa gemilang di Juventus dengan torehan 27 gol di 100 pertandingan, Morata disambut tangan terbuka Zidane untuk mengenakan seragam nomor punggung sembilan di Real Madrid.

Sayang setelah itu Zidane malah membuat keputusan untuk tidak memainkannya lagi ketika dalam beberapa laga penting Real Madrid. Hubungan pun meregang hingga Morata dijual ke Chelsea.

2. Mateo Kovacic

Memiliki nasib lebih baik dari Morata, Kovacic sempat menjadi bagian pelapis Real Madrid pada musim 2016-2017. Zidane nyatanya menganggap bintang Timnas Kroasia ini sosok penting.

Meski demikian, Zidane tetap tak mau memasukkan Kovacic ke tim utama yang berisi Casemiro, Toni Kroos, atau Luka Modric. Merasa menjadi anak tiri, gelandang asal Austria itu muak dan memilih pindah ke Chelsea.

3. James Rodriguez

James sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dalam kurun waktu dua musim. Alasannya hengkang dari Real Madrid juga tak jauh berbeda, yakni hanya sebagai pemanas bangku cadangan pada musim 2016-2017.

Kembali ke Real Madrid pada musim panas lalu, James Rodriguez nampak masih belum mendapat waktu layak bermain. Ada indikasi jika Zidane merasa sang bintang kurang memuaskan.

4. Gareth Bale

Bale menjadi pemain dengan tiga tahun masalah yang masih mampu bertahan di Real Madrid. Zidane sendiri nampak menganggap pemain asal Wales ini memang kerap membuat onar sehingga enggan menjadikannya pemain utama.

Musim lalu, Zidane sudah jelas ingin menyingkirkan Bale dengan cara dilelang pada bursa transfer pemain. Tapi karena tak adanya kesepakatan, sang striker kembali menghabiskan musim di Real Madrid.

5. Dani Ceballos

Dani Ceballos sempat membuat Real Madrid tertarik usai performa apik di kejuaraan Eropa U-21. Sayang meski telah bergabung, ada permasalahan krusial antara dirinya dan Zidane.

Diketahui hingga kini Ceballos tak pernah berbicara dengan pelatih terkini Real Madrid itu. Alhasil karena hubungan penuh konflik, Zidane memilih untuk membuang sang playmaker ke Arsenal.