Liga Indonesia

Cerita Eks Persib Bagi Waktu Latihan Sepak Bola dan Mencari Rumput

Minggu, 3 Mei 2020 18:29 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tantan saat jadi pemain Blitar United. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tantan saat jadi pemain Blitar United. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Tantan merupakan pesepak bola profesional yang sudah memperkuat beberapa tim di Indonesia, seperti Persikab Kabupaten Bandung, Persitara Jakarta Utara, Sriwijaya FC dan Persib Bandung. 

Menurut Tantan yang saat ini menjadi pemain tim Liga 2 2020, PSKC Cimahi ini, perjuangannya untuk menjadi pesepak bola profesional tidak mudah, lantaran banyak tantangan yang harus dihadapinya. 

Tantan menuturkan, sejak kecil sudah hobi bermain sepak bola, hanya saja saat itu ia harus membagi waktu latihan dan membantu orang tuanya yang ternak sapi. 

"Segala sesuatu itu sudah Allah tentukan, tapi Tantan sudah hobi dari kecil sepak bola. Perjuangan mungkin bantu orang tua, cari rumput, meras susu sapi itu salah satu perjuangan," kenang Tantan. 

"Dengan dinikmati dan disyukuri Alhamdulillah hasilnya kerasa sekarang, Tantan sendiri perjuangan gak semudah membalikkan telapak tangan," ucapnya menambahkan. 

Pemain yang menggunakan nomor punggung 82 ini menuturkan, saat itu ia ikut di salah satu sekolah sepak bola (SSB). Agar bisa berlatih, Tantan harus menyelesaikan dulu pekerjaannya mencari rumput. 

"Jadi beres dari kandang sapi baru main bola, waktu SSB juga Minggu mau latihan Sabtu sudah nyetok rumput buat hari Minggu," kata pemain yang berposisi sebagai striker ini. 

Hobi Tantan bermain sepak bola didukung oleh orang tuanya terutama sang Ayah, salah satunya dengan memberikannya sepatu sepak bola. Sehingga, hal itu menjadi motivasi baginya untuk menjadi pesepak bola profesional.

"Jadi mau beli sepatu bola dulu hasil dari susu sapi. Kadang dibeliin juga sapa bapak dulu, kebetulan bapak juga hobi main bola," ungkap pemain asal Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini. 

Setelah menjadi pemain sepak bola profesional, Tantan tercatat sudah memperkuat beberapa tim di Indonesia dan turut mengantarkan Persib Bandung meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014.