Liga Inggris

Gelandang Newcastle Ini Dinilai Pantas Bermain di Barcelona

Senin, 4 Mei 2020 21:26 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Arum Kusuma Dewi
© ISam Bagnall - AMA/Getty Images
Meski selama ini lebih dikenal sebagai andalan klub papan tengah Liga Inggris, Newcastle United, Jonjo Shelvey dinilai pantas bermain di klub sebesar Barcelona. Copyright: © ISam Bagnall - AMA/Getty Images
Meski selama ini lebih dikenal sebagai andalan klub papan tengah Liga Inggris, Newcastle United, Jonjo Shelvey dinilai pantas bermain di klub sebesar Barcelona.

INDOSPORT.COM – Meski selama ini  lebih dikenal sebagai andalan klub papan tengah Liga Inggris, Newcastle United, Jonjo Shelvey dinilai pantas bermain di klub sebesar Barcelona.

Gelandang Jonjo Shelvey merupakan salah satu pemain kunci Newcastle United di Liga Inggris selama beberapa musim terakhir. Pemain yang dikenal dengan kepala plontosnya ini seolah berupaya membayar kegagalannya ketika tampil buruk bersama Liverpool.

Namun meski lebih banyak berkarier di klub medioker seperti Swansea City dan Newcastle setelah dilepas Liverpool, Shelvey dianggap memiliki kemampuan yang sangat baik. Ia bahkan dinilai layak untuk memperkuat tim sekelas Barcelona.

Hal itu diungkapkan oleh rekan Shelvey di Newcastle United, Matt Ritchie. Dalam wawancara dengan podcast In The Box, Ritchie menyebut rekannya itu hanya perlu lebih fokus lagi sebagai pesepakbola.

“Saya sudah berkali-kali bilang kepadanya, 'Jika Anda hanya menundukkan kepala, hanya fokus pada sepak bola, dan melupakan golf atau pun  yang lain…” ucap Ritchie seperti dikutip The World Game. “Itu benar, kan? Tapi dia malah marah.”

“Dia main golf tiga kali seminggu, dan saya bilang, 'Jonj, Anda tidak boleh terus-terusan seperti itu.’ Dia menjawab, 'Tidak, tidak, saya merasa lebih baik, Matty.’”

“Tetapi, dia pemain yang luar biasa, sungguh. Orang ini memiliki kemampuan alami untuk mengirim umpan dengan akurat, menerima bola, dan menggiring bola.”

Shelvey dan Ritchie memang memiliki hubungan yang akrab di luar lapangan. Keduanya bahkan didatangkan ke Newcastle pada tahun yang sama, yakni 2016. Ketika itu Ritchie diboyong dari Bournemouth sementara Shelvey didatangkan dari Swansea City.

Kedekatan mereka bahkan sudah terjalin sejak remaja. Ritchie mengaku sudah terpukau dengan kemampuan Shelvey ketika menghadapinya di kompetisi U-16.

“Saya masih ingat saat bertanding melawan dirinyanya saat masih kecil. Saya rasa dia masih 14 tahun karena ketika itu saya melawan Charlton U-16, dan dia sukses mencetak hattrick. Benar-benar bisa dipercaya.”

"Jelas, dia sudah berkembang dan kini bermain untuk Newcastle. Namun, saya sudah sering berkata kepadanya: 'Jonj, jika Anda bisa berpikir dengan lebih baik, Anda bisa bermain untuk Barcelona dengan mudah.’ Dia sehebat itu, kan? Memang, dia benar-benar pemain bagus.”