Liga Indonesia

Guru Zuhdi, Ulama Kalimantan yang Disegani Penggawa Timnas Indonesia

Senin, 4 Mei 2020 15:03 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Barito Putera
Ulama asal Kalimantan ini menjadi sosok yang disegani oleh penggawa Timnas Indonesia. Copyright: © Barito Putera
Ulama asal Kalimantan ini menjadi sosok yang disegani oleh penggawa Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Duka mendalam tengah dirasakan oleh Rizky Rizaldi Pora, penggawa Timnas Indonesia yang saat ini menetap di Banjarmasin. Salah sayu sosok ulama kenamaan asal Kalimantan, KH Ahmad Zuhdiannor meninggal dunia pada Sabtu (02/05/20) lalu.

KH Ahmad Zuhdiannor atau yang lebih akrab disapa Guru Zuhdi, adalah ulama yang dekat dengan dunia sepak bola. Ia juga menjabat sebagai Dewan Penasehat Barito Putera, klub yang saat ini dibela Rizky Pora.

Secara pribadi, Rizky Pora memang sangat dekat dengan Guru Zuhdi. Selain kerap menyambangi pengajian rutin, Rizky Pora juga pernah dinikahkan oleh ulama 48 tahun tersebut. Sehingga, kabar wafatnya Guru Zuhdi membuat Pora cukup terguncang.

"Pastinya sedih setelah mengetahui kabar Guru meninggal. Jujur awalnya saya kaget dan sempat tidak percaya, karena tidak tahu kalau beliau sakit. Dan ternyata tadi pagi sudah mulai ramai, akhirnya saya dapat info beliau memang meninggal," tutur Rizky Pora. 

Winger Timnas Indonesia itu mengenang momentum ketika ia menikahi Andiny Dwi Septiani pada April 2018 lalu di Banjarmasin. Selain itu, tentu masih banyak kenangan antara Guru Zuhdi dan penggawa Laskar Antasari.

"Jangan ditanya seberapa emosional saya hari ini. Beliau sudah seperti orangtua bagi saya. Apalagi beliau pula yang menikahkan saya di Mesjid Sabilal Muhtadin."

"Guru Zuhdi juga sering memberi wejangan kepada kami, para pemain Barito Putera. Jadi hubungan kami sangat dekat, dan saya sangat kehilangan atas kepergian beliau," tutup Rizky Pora.

Guru Zuhdi disinyalir mengalami gagal jantung dan menghembuskan napas terakhir di RS Medistra, Jakarta, Sabtu (02/05/20) pagi. Jenazahnya langsung dipulangkan dan dimakamkan di Komplek Citra Graha, Banjarbaru.