Liga Indonesia

3 Pemain Arema yang Terlibat Derby Jatim vs Persebaya di Liga 1

Rabu, 6 Mei 2020 18:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pertemuan Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Liga 1 selalu menghadirkan sejumlah drama seru. Derby Jatim itu konsisten memberikan cerita berbeda dan menarik dalam setiap pertemuannya.

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum beberapa pemain yang terlibat dalam sejarah pertemuan kedua tim. Tercatat, ada 3 nama penggawa Arema FC yang konsisten mengisi susunan pemain sepanjang pertemuan di Liga 1.

Kedua tim sendiri sudah saling mengalahkan, selama 4 pertemuan sejak Persebaya kembali dari Liga 2. Persebaya memenangi Derby Jatim pada putaran pertama Liga 1 2018 dengan skor 1-0 di Surabaya (06/05/18) namun dibalas skor serupa oleh Arema FC di Malang (06/10/18).

Cerita serupa juga terjadi pada tahun 2019 lalu. Tim Singo Edan memulainya dengan pesta 4 gol tanpa balas (15/08/19) di Malang dan langsung dibalas setimpal oleh Bajul Ijo pada pertemuan kedua dengan skor 4-1 di Balikpapan (12/12/19).

1. Arthur Cunha Da Rocha

Arthur mencatat statistik mengesankan, dengan tak pernah melewatkan 7 kali Derby Jatim. Dia merasakannya pada musim kedua membela Arema, lantaran Persebaya masih berada di Liga 2 musim 2017 lalu.

Dari 4 kali pertemuan di Liga 1, kemenangan 4-0 pada 15 Agustus 2019 lalu tampaknya sangat berkesan bagi Arthur. Karena dari semua partisipasinya, dia baru mendapatkan kesempatan membobol gawang tim Bajul ijo.

Crossing sepak pojok Makan Konate pada menit ke-70, berhasil diteruskannya dengan sepakan keras menuju gawang Miswar Saputra. Gol itu menjadi yang kedua setelah gol Dendi Santoso (30) dan dilengkapi oleh aksi Sylvano Comvalius (86) serta Konate (90).

Tingginya tensi laga juga berimbas pada tingkat kedisiplinannya. Meski kerap terlibat duel-duel keras, namun defender Brasil itu cukup bisa mengontrol emosinya dengan catatan 2 kartu kuning saja.

2. Dendi Santoso

One man one club di skuat Arema FC ini menjadi paling rutin mengisi starting line up. Termasuk dalam 4 kali Derby Jatim di Liga 1, Winger bernomor punggung 41 ini tak pernah absen dari daftar susunan pemain.

Seperti halnya Arthur, pertemuan yang membuatnya dibicarakan publik adalah di putaran pertama Liga 1 musim 2019 lalu. Dendi membuka pesta 4 gol kemenangan tim Singo Edan melalui shooting kerasnya menit 30, yang berbelok arah usai mengenai badan Rahmat Irianto.

Sementara pada pertemuan pertama Liga 1 2018 juga berkesan baginya. Laga yang dimenangkan Persebaya 1-0 di Gelora Bung Tomo, menjadi panggung pertamanya setelah menjabat sebagai kapten Arema FC.

3. Johan Al Farisi

Bek kiri andalan Arema ini juga tak pernah absen dalam 4 kali pertemuan kontra Persebaya di Liga 1. Yang membedakan dengan Arthur maupun Dendi, Al Farisi melaluinya tidak dengan posisi starter.

Uniknya, Farisi mencatat kemenangan justru ketika tidak bermain full di lapangan hijau. Saat digantikan Ricky Akbar Ohorella pada menit 88, Arema FC mengalahkan Persebaya lewat gol tunggal Ahmad Nur Hardianto (06/10/18).

Begitu juga ketika kemenangan 4-0 di Kanjuruhan (15/08/19), Farisi turun menggantikan Nasir pada menit 86. Umpannya ke Rafli, lalu berujung pada assist yang diselesaikan sempurna oleh Konate Makan melalui gol menit 90.

Sementara ketika Farisi bermain full time, Arema mengalami dua kali kekalahan. Yaitu saat kalah 0-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (06/05/18) dan 1-4 di Stadion Batakan Balikpapan (12/12/19) lalu.