Liga Indonesia

5 Mangsa Favorit Ferdinand Sinaga di Liga 1, Klub Kalimantan Paling Apes

Rabu, 6 Mei 2020 11:25 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ferdinand Sinaga sesaat sebelum mencetak gol ke gawang Lalenok United Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ferdinand Sinaga sesaat sebelum mencetak gol ke gawang Lalenok United

INDOSPORT.COM - Ferdinand Sinaga merupakan penyerang lokal andalan PSM Makassar. Berikut lima klub yang menjadi mangsa favorit The Dragon di sepanjang perhelatan Liga 1 (2017-2020).

Ferdinand telah resmi bergabung ke PSM sejak ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Tahun sebelumnya, ia datang dengan status pinjaman dari Sriwijaya FC.

Sejak itu pula, Ferdinand selalu menjadi top skor PSM hingga Liga 1 edisi terakhir pada tahun lalu. Dia telah menghasilkan 42 gol plus 10 assist untuk Pasukan Ramang.

Khusus di ajang Liga 1, Ferdinand telah mengoleksi 32 gol dan delapan assist. Dari keseluruhan, terdapat lima klub yang bisa dikategorikan sebagai mangsa favorit ayah tiga anak ini.

Siapa sajakah kelima klub tersebut? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum untuk Anda.

1. Tira-Persikabo

Ferdinand mencatatkan empat penampilan melawan Persikabo. Pengguna nomor punggung 6 di PSM Makassar ini tercatat lima kali menggetarkan gawang klub yang dulunya bernama PS TNI tersebut.

Pada putaran pertama Liga 1 2017, Ferdinand absen melawan Persikabo 1973 akibat menjalani skorsing. Tapi pada putaran kedua, ia sukses mencetak dua gol plus satu assist selama 90 menit bermain.

Tira-Persikabo sepertinya menjadi mangsa favorit Ferdinand Sinaga. Dari dua perjumpaan di Liga 1 2018, ia mampu mengemas dua gol dari total 180 menit bermain.

Berlanjut ke Liga 1 2019, Ferdinand hanya duduk di bangku cadangan pada pertemuan pertama di kandang Persikabo, namun pada pertemuan kedua, ia tampil penuh 90 menit dan mencetak satu gol.

2. Barito Putera

Ferdinand telah enam kali bertemu Barito Putera sepanjang perhelatan Liga 1. Eks striker klub Malaysia, Serawak FA, ini sukses mencatatkan namanya di papan skor sebanyak empat kali.

Barito Putera menjadi mangsa pertama Ferdinand di ajang Liga 1 2017. Ia mencetak gol pertamanya pada musim tersebut saat bersua pada pekan ke-15 di Stadion Andi Mattalatta.

Catatan tersebut berlanjut ke pertemuan kedua di kandang Barito Putera, Stadion 17 Mei. Ferdinand Sinaga mencetak gol terakhirnya (ke-12) di ajang Liga 1 2017 saat berjumpa pada pekan ke-32.

Ferdinand yang sempat memperkuat Serawak FA beberapa bulan menandai gol comeback-nya untuk PSM sekaligus gol pertamanya di ajang Liga 1 2018 dan lagi-lagi ke gawang Barito Putera.

Lalu pada pertemuan kedua, tepatnya pekan ke-21 Liga 1 2018, Ferdinand Sinaga menyelamatkan PSM Makassar dari kekalahan. Golnya memasuki menit ke-82 memaksa laga berakhir imbang dengan skor 1-1.

Sayang, Ferdinand gagal melanjutkan tren selalu membobol gawang Barito Putera di Liga 1 2019. Ia absen mencetak gol saat bertemu sekali pada putaran pertama meskipun bermain 90 menit.

Sementara pada putaran kedua Liga 1 2019, Ferdinand yang turun sejak menit awal gagal mencetak gol ke gawang Barito Putera sebelum diganti oleh Amido Balde pada menit ke-62.

Terakhir, PSM dan Barito Putera sempat bertemu diajang Liga 1 2020 sebelum dihentikan. Ferdinand yang kala itu masuk sebagai pengganti gagal mencetak gol sehingga laga berakhir dengan skor 1-1.

3. Badak Lampung FC (Perseru Serui)

Ketika Badak Lampung FC masih bernama Perseru Serui, Ferdinand tercatat dua kali menciptakan gol dan assist. Catatan tersebut dihasilkan dari lima kali pertemuan sepanjang Liga 1.

Ferdinand absen melawan Perseru pada pertemuan di putaran pertama Liga 1 2017, sedangkan memasuki putaran kedua, dia dipercaya tampil penuh selama 90 menit dan dibayar dengan sebuah gol.

Pada pekan kedua Liga 1 2018, Ferdinand melakoni laga comeback setelah sempat hengkang ke Serawak FA. Meski hanya bermain 10 menit akhir, ia mampu mengarsiteki gol kemenangan 1-0 PSM pada laga tersebut.

Pada putaran kedua Liga 1 2018, Ferdinand tampil sejak menit awal dan tak tergantikan sepanjang laga. Dia pun sukses menghasilkan satu gol dan assist walau PSM harus puas bermain imbang dengan skor 2-2.

Torehan manis Ferdinand harus terhenti ketika Perseru berganti nama menjadi Badak Lampung FC di Liga 1 2019. Dari dua kali pertemuan pada musim lalu, ia gagal menghasilkan satu pun gol atau assist.

4. Mitra Kukar

Klub asal Kalimantan Timur ini juga menjadi santapan favorit Ferdinand di ajang Liga 1. Dari tiga kali bersua Mitra Kukar, The Dragon sukses mencatatkan dua gol dan satu assist.

Pada Liga 1 2017, Ferdinand menjadi pahlawan kemenangan 1-0 PSM saat menjamu Mitra Kukar di Stadion Andi Mattalatta. Sedangkan saat bermain di Stadion Aji Imbut, ia tak tampil sebab menjalani skorsing.

Pada pertemuan pertama dengan Mitar Kukar di Liga 1 2018, Ferdinand mengarsiteki gol PSM via Wiljan Pluim dalam kemenangan dengan skor 3-1. Assist tersebut terbilang istimewa sebab ia menggunakan dadanya.

Saat giliran Mitra Kukar menjamu PSM pada putaran kedua Liga 1 2018, Ferdinand mencetak gol penutup kemenangan dengan skor 4-1. Spesialnya lagi, ia hanya bermain pada tujuh menit akhir laga tersebut.

5. Persiba Balikpapan

Satu lagi klub asal Kaltim yang menjadi santapan favorit Ferdinand Sinaga di ajang Liga 1. Dua kali PSM bertemu Persiba, dua kali pula The Dragon merobek gawang klub berjuluk Beruang Madu tersebut.

Kedua gol Ferdinand dihasilkan pada pertemuan kedua pada pekan ke-31 Liga 1 2017. Ia mencetak brace untuk mengantarkan PSM Makassar meraih kemenangan meyakinkan 3-1.

Sedangkan satu laga Ferdinand lainnya melawan Persiba Balikpapan juga terjadi di Liga 1 2017, tepatnya putaran pertama. Sayang, dia gagal mencetak gol maupun assist lantaran baru dimainkan pada lima menit akhir.