Liga Inggris

Eks Arsenal Desak Klub Bangun Patung Arsene Wenger di Emirates

Sabtu, 9 Mei 2020 19:08 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Buyagift
Legenda Arsenal merasa Arsene Wenger layak dibuatkan patung di Emirates. Copyright: © Buyagift
Legenda Arsenal merasa Arsene Wenger layak dibuatkan patung di Emirates.

INDOSPORT.COM - Dua legenda Arsenal, Ray Parlour dan Martin Keown, mendesak klub untuk membangun patung Arsene Wanger di Emirates Stadium untuk menghormati kontribusinya.

Selama 22 tahun bersama Arsenal, Arsene Wenger sukses mengelola The Gunners dan menjadi manajer tersukses serta terlama yang pernah menjabat dalam sejarah klub.

Selama menangani klub atara tahun 1996 hingga 2018, juru taktik asal Prancis ini sudah membawa Arsenal meraih banyak penghargaan di ajang Liga Inggris.

Penghargaan tersebut seperti tiga kali meriah gelar juara Liga Inggris dan tujuh Piala FA selama dirinya menjabat sebagai pelatih di Arsenal.

Tak hanya itu, kecerdasannya dalam mengelola finansial Arsenal juga turut andil dalam berdirinya stadion baru milik The Gunners, Emirates Stadium, yang dibuka pada 2006 lalu.

Guna mengenang jasa Arsene Wenger, dua mantan pemain Arsenal, Ray Parlour dan Martin Keown, meyakini bahwa The Professor sangat layak mendapat penghormatan berupa pembangunan patung.

“Sebelum bersamanya, kami mengakhiri musim di peringkat, empat, dia belas, lima, di Liga Inggris. Lalu kami memenangkan tiga gelar juara bersamanya," kata Martin Keown dilansir dari Daily Mail.

Roy Parlour juga menambahkan bahwa Wenger sangat layak diberikan penghargaan dengan pembuatan patung di Emirates Stadium.

“Itulah mengapa ia layak mendapatkan patung, ia merupakan orang yang membangun Emirates, jika Anda setuju. Ia merupakan orang yang mengatakan Highbury, yang kita semua cintai tidak cukup besar (secara kapasitas),” tambah Parlour.

Di bawah asuhan Arsene Wenger, Arsenal merupakan satu-satunya klub yang meraih trofi emas Liga Inggris setelah menjadi juara musim 2003-2004 lalu. Mereka juga tidak mengalami sekali pun kekalahan setelah melewati 38 pertandingan di Liga Inggris.

Namun, karier pria berusia 70 tahun ini sendiri harus kandas setelah performa buruk Arsenal pada tahun 2018 lalu. Akhirnya ia memutuskan hengkang dari The Gunners dan saat ini posisinya dipegang Mikel Arteta.