Liga Indonesia

Eks Penyerang Timnas Ungkap Kisah Banting Stir Jadi Wartawan

Senin, 11 Mei 2020 17:37 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© dok. FX Herminanto
Mantan penyerang Timnas Indonesia U-17 dan PSIM Yogyakarta, FX Harminanto mengungkap momen saat memutuskan banting stir menjadi wartawan. Copyright: © dok. FX Herminanto
Mantan penyerang Timnas Indonesia U-17 dan PSIM Yogyakarta, FX Harminanto mengungkap momen saat memutuskan banting stir menjadi wartawan.

INDOSPORT.COM - Mantan penyerang Timnas Indonesia U-17 dan PSIM Yogyakarta, FX Harminanto mengungkap momen saat memutuskan banting stir menjadi wartawan.

Sejak 2014 lalu, eks pemain PSIM Yogyakarta itu menggeluti dunia jurnalistik dengan bergabung ke koran Kedaulatan Rakyat.

Memutuskan menjadi jurnalis diakui Harminanto sempat membuat sejumlah pihak kaget. Termasuk para pemain yang pernah satu klub dengan sosok berusia 31 tahun tersebut.

"Awalnya teman-teman pemain sempat kaget. Karena saat itu mereka menilai saya masih berani untuk merumput, tapi malah jadi wartawan," kata Harmin kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (11/05/20).

"Hidup adalah pilihan, dan sekarang tetap berkecimpung dengan sepak bola meski dari sudut pandang yang berbeda. Itu jawaban saya biasanya," tambah dia.

Ada fakta menarik yang terungkap sebelum memutuskan banting stir, atau tepatnya saat lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarya tahun 2014. Saat itu, Harmin mengaku sempat mendapat tawaran bermain dari sejumlah klub, termasuk Pelita Bandung Raya.

"Ada juga beberapa klub Divisi Utama yang sudah berkomunikasi. Tapi saya memutuskan mencari pekerjaan lain, karena kelihatannya saat masa transisi dualisme (kompetisi) waktu itu tidak memihak ke pemain," ujar pria kelahiran 3 Desember 1988 tersebut.

Selama berkarier sebagai pemain, Harminanto sempat membawa PSMP Mojokerto Junior juara Piala Soeratin 2005. Sementara di level senior, selain PSIM dia pernah berkostum Persiba Bantul sebelum memutuskan pensiun.