Liga Inggris

Lewati Ronaldo, Ini 3 Alasan Henderson Layak Jadi Pemain Terbaik Liga Inggris

Minggu, 10 Mei 2020 23:59 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© Jan Kruger/Getty Images
Kapten Liverpool, Jordan Henderson mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pekan ke-10 Liga Inggris. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Kapten Liverpool, Jordan Henderson mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pekan ke-10 Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Kapten Liverpool Jordan Henderson punya setidaknya tiga alasan yang membuatnya layak dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris musim ini.

Meski belum pasti, posisi Liverpool yang sudah diambang juara Liga Inggris 2019/20 tampaknya juga akan dilengkapi oleh status pemain terbaik, yang kemungkinan besar bisa diraih kapten mereka, Jordan Henderson.

Langkah awal setidaknya terlihat setelah baru-baru ini Henderson terpilih sebagai pemain terbaik Liga Inggris, versi BBC. Mengalahkan tiga pesaing dekatnya, Sadio Mane dan Kevin De Bruyne.

Jika dibandingkan dengan musim sebelumnya, musim ini memang menjadi musim tebaik seorang Jordan Henderson. Pemain yang sempat dijadikan lelucon oleh lawan dan juga diragukan oleh suporter Liverpool sendiri.

Untuk itu dengan bekal penampilan terbaiknya tersebut, yang bahkan bisa mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, berikut INDOSPORT merangkumkan tiga alasan mengapa Jordan Henderson layak dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris 2019/20.

Posisi Liverpool

Alasan pertama mengapa Jordan Henderson layak untuk dinobatkan sebagai pemain terbik Liga Inggris 2019/20 adalah tak lepas dari posisi Liverpool yang kini berada di puncak klasemen.

Bandingkan misalnya dengan andalan Manchester City, Kevin De Bruyne. Secara statistik, De Bruyne memang lebih unggul dalam torehan gol dan asist (25 main, 8 gol dan 16 asist) dibanding Henderson (25 main, 3 gol, lima assist) namun tolok ukur tersebut jelas tak bisa menjadi acuan, sebab secara tipikal dan posisi permainan, Henderson jelas tak lebih berfokus menyerang selayaknya De Bruyne.

Sebaliknya Henderson justru memegang peran ganda. Dirinya bisa membantu serangan sebagai orang yang menghubungkan lini belakang ke depan. Juga sebagai orang pertama yang membantu lini pertahanan untuk mematikan serangan lawan.

Dengan peran yang lebih banyak itu, nyata terbukti Henderson bisa unggul dari De Bruyne, sebagai salah satu pesaing terberatnya untuk menjadi pemain terbaik Liga Inggris. Lantaran posisi Liverpool yang jauh ada di atas Manchester City saat ini.

Status dan Peran

Alasan selanjutnya juga sekaligus menjawab, mengapa bukan pemain Liverpool lainnya yang layak mendapatkan gelar pemain terbaik, seiring penampilan luar biasa klub asal kota Merseyside itu.

Jika melihat ke kubu Liverpool, sebenarnya memang ada beberapa pemain yang layak mendapatkan gelar pemain terbaik Liga Inggris musim ini. Dua diantara adalah Sado Mane dan Virgil van Dijk.

Namun diantara dua pemain tersebut, peran luar biasa Jordan Henderson sebagai kapten adalah jawaban mengapa dirinya lebih pantas diunggulkan.

Selain peran krusialnya didalam bertahan dan menyerang. Kapasitas Henderson sebagai kapten menjadi instrumen penting yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Henderson yang awalnya sempat diragukan sebagai kapten, kini sudah terlihat semakin matang dan bahkan sudah hampir menyamai Steven Gerrard dalam hal memotivasi rekan-rekannya untuk menunjukan penampilan terbaik.

Selain itu kualitas Henderson, juga terlihat sangat penting buat Liverpool. Saat The Reds begitu kesulitan meraih kemenangan, bahkan akhirnya kalah ketika dirinya absen karena cdera.

Lebih Hebat dari Messi dan Ronaldo

Jika statistik gol dan assists sulit untuk dijadikan acuan betapa layaknya Jordan Hendersn menyandang gelar pemain terbaik Liga Inggris 2019/20.

Baru-baru ini sebuah Perusahaan analisis data dan statistik, CIES Football Observatory justru menempatkan Jordan Henderson sebagai pemain dengan penilaian terbaik di kompetisi elite Eropa selama tahun 2020 ini. Jauh mengungguli Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo.

Penilaian tersebut dibuat CIES dengan data-data terperinci terkait nilai pasar pemain, metrik kinerja pemain, dan perhitungan lainnya secara mendetail.

Perhitungan CIES mungkin bisa sedikit diperdebatkan banyak pihak. Namun tak bisa dipungkiri mereka adalah salah satu pihak yang memiliki data terlengkap mengenai setatistik pemain di Eropa saat ini.

Jadi bagaimanapun posisi Jordan Henderson sebagai pemain terbaik sepanjang tahun 2020 dalam angka 92.0 adalah sesuatu yang sangat bisa dipertanggung jawabkan secara scientific.

Dalam hitungan CIES tersebut, Henderson sendiri mengungguli pemain PSG Presnel Kimpembe dengan nilai 91.1. Juga pemain lainnya Virgil van Dijk (Urutan ke-18), Cristiano Ronaldo (27), Kevin de Bruyne (29), Lionel Messi (55), Trent Alexander-Arnold (134).