Liga Indonesia

Jalan Berliku Laga Persebaya vs Persinga Ngawi di Piala Indonesia

Senin, 11 Mei 2020 20:29 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Herry Ibrahim
© Fitra Herdian/indosport.com
Persebaya menang besar atas Persinga Ngawi dengan skor 8-0 pada babak 32 besar Piala Indonesia 2019 lalu. Amido Balde (kanan) mencetak 4 gol. Copyright: © Fitra Herdian/indosport.com
Persebaya menang besar atas Persinga Ngawi dengan skor 8-0 pada babak 32 besar Piala Indonesia 2019 lalu. Amido Balde (kanan) mencetak 4 gol.

INDOSPORT.COM - Jalan panjang dan berliku pernah Persebaya Surabaya alami dalam satu tahun terakhir ini. Mereka dihadapkan pada jadwal pertandingan Piala Indonesia babak 32 besar yang tidak ada kejelasan.

Bagaimana tidak, venue pertandingan untuk kedua tim tidak kunjung jelas bakal berlangsung di mana. Padahal Piala Indonesia memakai sistem home dan away, pertandingan pertama berlangsung di kandang Persinga Ngawi, Stadion Ketonggo.

Sialnya lokasi stadion tidak mendapatkan izin keamanan. Alhasil pertandingan yang sejatinya berlangsung pada Selasa (22/01/19) lalu tersebut diundur menjadi akhir bulan. 

Nah, mendekati akhir bulan sinyal bakal berlangsungnya pertandingan Persebaya vs Persinga Ngawi masih tak jelas. Padahal rencananya pertandingan  berlangsung pada Rabu (30/01/19) jadwal ini merupakan yang terbaru dari semula. Kemudian dijadwalkan ulang, pertandingan kedua tim pada Selasa (05/02/19).

Tapi kembali lagi, pertandingan tersebut belum juga ada kejelasan bakal bisa berlangsung atau tidak. Alasannya masih sama izin keamanan untuk pertandingan di Stadion Ketonggo tidak ada.

Akhirnya sejumlah stadion alternatif pun mulai di keluarkan Stadion Semeru, Lumajang dan Stadion Sport Garden, Jember. Tapi sayangnya dua nama stadion tersebut tidak bisa dipergunakan karena izin.

© Fitra Herdian/Indosport.com
Selebrasi gol Amido Balde (Persebaya surabaya) saat menjebol gawang Persinga Ngawi. Copyright: Fitra Herdian/Indosport.comSelebrasi gol Amido Balde (Persebaya surabaya) saat menjebol gawang Persinga Ngawi.

Manajer Persinga Ngawi, Didik akhirnya mengembalikan segala keputusannya kepada PSSI. Hal ini dikarenakan induk organisasi sepak bola tanah air itu yang menjadi penanggung jawab Piala Indonesia. 

"Kami sudah serahkan persoalan ini ke PSSI. Biar PSSI yang memutuskan, bukan Persebaya atau Persinga. Intinya kita sudah berusaha dan kooperatif untuk mencari venue pertandingan," kata Didik saat itu.

Akhirnya, Persinga Ngawi memberikan wacana untuk menggelar pertandingan satu kali tidak menggunakan format Piala Indonesia home dan away. PSSI pun memberikan izin dan pertandingan berlangsung di Stadion GBT pada Sabtu (16/02/19).

Persebaya menang telak pada pertandingan tersebut dengan 8 gol tanpa balas. Amido Balde berhasil mencetak empat gol dalam debutnya bersama Persebaya sekaligus debut karirnya di sepak bola Indonesia.

Berikut susunan  pemain Persebaya vs Persinga Ngawi:

Persebaya: Miswar Saputra (PG), Hansamu Yama, Novan Setya, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (C), Fandi Eko, Misbakus Solikin, Amido Balde, Irfan Jaya, Manuchekhr Dzhalilov, Oktafianus Fernando.

Persinga: Junaidi (PG), Ahmad Fauzi Abdillah, Marten Watumlawar, Muhammad Rifaldi, Rachmad Sucipto, Alvin, Ferdiansyah, Richard Anderson, Moch. Kevy Syahertian, Muhammad Guntur, Slamet Hariyadi.