Liga Indonesia

Mitos Persebaya Bawa Lawannya ke Liga 1, Persis Selanjutnya?

Jumat, 8 Mei 2020 13:21 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Persis Solo di launching tim sebelum Liga 1 2020. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Persis Solo di launching tim sebelum Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM Persebaya Surabaya semenjak berhasil meraih tiket promosi ke Liga 1 pada 2017 silam, sudah banyak mengadakan pertandingan uji coba. Pertandingan itu biasanya mereka adakan berbarengan dengan launching tim jelang kompetisi resmi berlangsung.

Nah, sepanjang Persebaya promosi ke Liga 1 setidaknya ada 6 pertandingan persahabatan yang sudah mereka gelar. Ke-6 pertandingan uji coba itu terdiri dari empat klub asal Indonesia dan dua klub asal Malaysia.

Khusus untuk klub Indonesia yang baru saja melakoni pertandingan persahabatan lawan Persebaya, ada mitos bahwa tim tersebut bakal promosi ke Liga 1 pada musim berikutnya.

Bahkan presiden Persebaya, Azrul Ananda dalam sambutannya mendoakan klub Persis Solo bisa promosi. Ya, pada saat itu Persebaya menjalani laga persahabatan lawan Persis Solo pada Sabtu (11/01/20) di Stadion GBT.

"Biasanya yang diundang lawan Persebaya dalam laga persahabatan bisa lolos Liga 1," kata Azrul Ananda memberikan sambutan sebelum laga dimulai saat itu.

Entah mitos ini benar atau tidak. Tapi pastinya jika menilik rekam jejak Bajul Ijo pada saat menggelar laga uji coba, Banyak lawan mereka yang berhasil naik kelas, dari Liga 2 ke Liga 1. Sebut saja seperti PSIS Semarang yang promosi ke Liga 1 dengan Persebaya musim 2018.

Pada saat itu PSIS Semarang melakoni pertandingan uji coba bertajuk Homecoming Game, pada 19 Maret 2017. Berlanjut Persebaya lawan Persik Kediri dalam laga persahabatan bertajuk Anniversary Game pada 17 Juni 2017.

Macan Putih pun berhasil promosi ke Liga 1 musim 2020. Tak hanya itu mereka berhasil menyabet gelar juara Liga 2 pada musim 2019. Klub berikutnya yang promosi ke Liga 1 adalah PSS Sleman.

Elang Jawa, julukan PSS Sleman bertanding menghadapi Persebaya dalam laga persahabatan bertajuk Celebration Game pada 9 Desember 2017. PSS Sleman promosi Liga 1 bersama Persik Kediri.