Liga Inggris

Kisah Legenda Italia Tolak Sir Alex Ferguson Demi West Ham

Senin, 11 Mei 2020 01:36 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Legenda asal Italia yang juga mantan pemain West Ham United, Paolo Di Canio, mengaku tak menyesal kendati pernah menolak tawaran Sir Alex Ferguson untuk bergabung dengan Manchester United.

Dilansir dari laman Sky Sports, Di Canio menjadi salah satu pemain yang paling menonjol di sepak bola Inggris pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Saat itu ia menahbiskan dirinya sebagai salah satu bomber menakutkan di West Ham.

Ketajamannya membuat Paolo Di Canio mendapat tawaran dari berbagai tim. Tawaran yang paling spesial justru saat dirinya mendapat telepon dari Sir Alex Ferguson yang mengajaknya bergabung pada malam Natal 2001 silam.

"Istri saya mengangkat telepon dan memberi tahu itu adalah Alex Ferguson. Saya pikir itu candaan. Saya pikir itu temanku dari Italia," ucap Di Canio.

"Man United meneleponmu, mengajakmu bergabung karena mereka inginkan dirimu. Untuk beberapa saat, kamu merasa pemain yang hebat dan pemain besar.

"Itu aneh karena saya berkata tidak kepada Sir Alex. Saya berkata 'terima kasih, 1000 kali terima kasih, tapi saya tak bisa. West Ham adalah keluarga yang membantuku di saat susahku'," kenang Di Canio.

Sir Alex pun menghormati keputusannya dan memuji Di Canio sebagai sosok pria yang seperti dipikirkannya. Loyal dan tak lupa jasa akan tim yang mengangkatnya.

Paolo Di Canio sendiri menjalani periode cukup panjang bersama West Ham United. Tercatat lima musim dirinya berseragam The Hammers dan tampil sebanyak 136 kali dengan torehan 51 gol dan 14 assist.