Bola Internasional

Bukan Sir Alex Ferguson, Ini Sosok yang Jadi Inspirasi Ryan Giggs

Kamis, 7 Mei 2020 07:32 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© The Sun
Legenda Manchester United, Ryan Giggs, menyebut sosok Louis van Gaal sebagai inspirasinya dalam melatih ketimbang Sir Alex Ferguson Copyright: © The Sun
Legenda Manchester United, Ryan Giggs, menyebut sosok Louis van Gaal sebagai inspirasinya dalam melatih ketimbang Sir Alex Ferguson

INDOSPORT.COM - Legenda Manchester United, Ryan Giggs, mengaku gaya melatihnya terinspirasi dari Louis van Gaal kendati dirinya lebih lama diasuh oleh Sir Alex Ferguson.

Dilansir dari Daily Mail, Giggs merupakan salah satu legenda hidup Man United. Sejak 1990 hingga 2013. Dirinya merupakan penggawa inti dari skuat Setan Merah di era Sir Alex. Total 20 tahun lebih dirinya berlatih di bawah asuhan pria asal Skotlandia tersebut.

Namun dalam melatih, Ryan Giggs lebih terinspirasi dengan sosok Louis van Gaal ketimbang Sir Alex Ferguson. Hal ini berkaca kepada persiapan antara kedua pelatih yang menurutnya berbeda.

"Saya bersama Sir Alex lebih dari 20 tahun dan dia sering menentukan starting XI satu setengah jam sebelum pertandingan," ujar Giggs.

"Tapi kemudian, di bawah asuhan Van Gaal, dia banyak bekerja soal taktik, pemain baru, cara bermain, filosofi bermain, dan saya merasa dia datang ke Man United dengan mental bertanding di kancah internasional dilihat dari saat pertemuan, persiapan dan sebagainya," lanjutnya.

Giggs pun menilai Van Gaal lebih terstruktur. Bahkan semasa menjadi asisten pria asal Belanda tersebut, pria asal Wales ini belajar banyak soal menentukan pemain jauh sebelum hari pertandingan.

Saat ini Ryan Giggs menjadi pelatih Timnas Wales. Kendati baru berkiprah di kancah internasional, ia mampu membawa negaranya lolos ke putaran final Euro 2020 yang akan digelar pada 2021 mendatang.