In-depth

Pro Vercelli, Raksasa Tertidur yang Sedang Dibangunkan Legenda AC Milan

Senin, 11 Mei 2020 18:58 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pro Vercelli, klub kecil Italia yang tak disangka merupakan raksasa tertidur tapi sedang dibangunkan oleh legenda AC Milan.

Jauh sebelum Juventus, AC Milan atau Inter Milan merajai Serie A Italia, ternyata raja sesungguhnya yaitu adalah Pro Vercelli. Klub yang sekarang hanya berstatus semenjana di Serie C atau kasta ketiga Liga Italia itu ternyata pernah memuncaki kejayaan tertinggi.

Jika tak percaya, coba saja tengok jumlah gelar Serie A Italia milik Pro Vercelli yang sebanyak 7, ternyata jauh lebih banyak dari AS Roma, Lazio hingga Napoli. Bahkan jika jumlah gelar Roma, Napoli dan Lazio digabungkan, baru bisa menyamai pencapaian Pro Vercelli.

Melihat Pro Vercelli pernah melegenda di Serie A Italia, apa yang menyebabkan mereka kini tengah tertidur pulas saat ini?

Pro Vercelli, Raksasa Tertidur

Masa kejayaan Pro Vercelli terutama, terjadi pada tahun 1908 hingga 1913 di mana mereka selalu keluar sebagai juara. Berdasarkan laporan dari These Football Times,  dalam kurun waktu sekitar 5 tahun itu, Pro Vercelli hanya pernah kalah sekali saja, itupun dengan cara kontroversial.

Rahasia kehebatan Pro Vercelli di masa lampau itu dikerenakan mereka memang sejatinya merupakan klub senam juga. Oleh karena itu fisik dan stamina para pemain menjadi lebih terlatih dan tangguh dibanding tim lain.

Sehingga, jangan heran bila Pro Vercelli kerap menguasai pertandingan di 15 menit terakhir akibat kebugaran fisik yang sudah terlatih. Bicara soal kekalahan satu-satunya Pro Vercelli, itu memang benar-benar kontroversi.

Bagaimana tidak, pada tahun 1910, permintaan Pro Vercelli yang ingin jadwal melawan Inter Milan diundur, ternyata tak dikabulkan oleh federasi sepak bola Italia. Saat itu, Pro Vercelli meminta agar diundur karena tim utamanya sedang mengikuti kejuaraan yang diadakan pihak militer.

Akibat dari penolakan pemunduran jadwal, maka mau tidak mau, Pro Vercelli menurunkan anak kecil berusia 10 hingga 15 tahun melawan Inter Milan yang diperkuat orang dewasa. Alhasil, Inter Milan pun membantai Pro Vercelli dengan skor 10-3.

Salah satu musim terbaik Pro Vercelli terjadi pada tahun 1913, setelah mereka hanya kebobolan 3 kali saja! Setelah itu, Pro Vercelli memenangi dua kali gelar Serie A Italia lagi pada awal 1920-an sebelum akhirnya jatuh ke lembah kekelaman.

Kejatuhan Pro Vercelli

Penyebab utama dari kejatuhan Pro Vercelli dikarenakan ketidakmampuan mereka untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Ketika Juventus, AC Milan dan Inter Milan mulai bangkit dengan era industri, Pro Vercelli tidak mengikuti zaman.

Akibatnya Pro Vercelli terdegradasi ke Serie B Italia pada musim 1934/35 sebelum akhirnya turun kasta ke kasta ketiga di tahun 1948. Butuh waktu 64 tahun bagi Pro Vercelli untuk kembali ke Serie B Italia akhirnya.

Tapi dengan cepat Pro Vercelli kembali ke habitatnya di kasta ketiga Liga Italia hingga akhirnya mereka memanggil legenda AC Milan, Alberto Gilardino. Sosok yang membela panji AC Milan pada 2005 hingga 2008 itu dipercaya menangani Pro Vercelli pada awal musim ini.

©
Caption Copyright: Alberto Gilardino saat membela Bologma.

Gilardino sendiri bagi AC Milan merupakan sosok legenda yang sukses membawa pulang gelar Liga Champions 2006/07 usai balas dendam ke Liverpool. Namun sayang di akhir karier bersama AC Milan, Gilardino terdepak dari skuat inti karena kalah saing dari Alexandre Pato.

Meski begitu, ia tetap akan dikenang sebagai salah satu bintang dan legenda di AC Milan. Saat ini, Gilardino, sang legenda AC Milan tengah berusaha membangunkan raksasa tertidur, Pro Vercelli, sanggupkah?