Liga Indonesia

Robert Alberts Tak Masalah Kompetisi Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

Senin, 11 Mei 2020 22:37 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tidak mempermasalahkan jika kompetisi sepak bola Liga 1 2020 kembali digelar tanpa penonton. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tidak mempermasalahkan jika kompetisi sepak bola Liga 1 2020 kembali digelar tanpa penonton.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tidak mempermasalahkan jika kompetisi sepak bola Liga 1 2020 kembali digelar tanpa penonton, untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19

Menurut pelatih asal Belanda ini, pertandingan tanpa penonton sudah dilakukan pada kompetisi sepak bola di beberapa negara. Karena, salah satu opsi agar kompetisi bisa bergulir kembali yakni tanpa dihadiri penonton. 

"Tentunya kami siap mengikuti peraturan pertandingan tertutup yang artinya penonton tidak bisa datang. Itu salah satu cara untuk memulai lagi Liga," kata Robert Alberts. 

Jika kompetisi kembali digelar tanpa penonton, otomatis tim Maung Bandung tidak akan mendapat dukungan langsung dari Bobotoh. Meski begitu, Bobotoh dan pencinta sepak bola Indonesia menurutnya masih bisa menyaksikan langsung melalui siaran televisi. 

Selain itu, Robert Alberts menilai seluruh kompetisi Liga 1 2020 layak untuk disiarkan secara langsung oleh televisi. Karena, peserta kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia memiliki kekuatan yang tidak jauh berbeda, sehingga akan menjadi hiburan bagi masyarakat. 

"Stadion kosong dan semua bisa mengikuti laga lewat televisi, karena semua laga layak disiarkan. Supporter juga harus mengerti, saat kondisi sudah benar-benar terkendali, tentunya stadion juga nantinya akan terbuka lagi," ucap Robert Alberts. 

Sejauh ini, Robert Alberts masih menunggu kepastian mengenai masa depan kompetisi Liga 1 2020. Meski begitu, ia merasa optimis kondisi Indonesia akan segera membaik dan kompetisi dapat bergulir kembali dalam waktu dekat. 

Rasa optimis Robert Alberts bukan tanpa alasan, pasalnya melihat kondisi beberapa negara tetangga, yang bisa mengendalikan penyebaran virus Corona. Sehingga, ia yakin pemerintah Indonesia bisa mengatasi pandemi Corona.