Bola Internasional

Nasib Jacopo Viola, Eks AC Milan Sempat Dibidik Persib Bandung

Kamis, 7 Mei 2020 20:37 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut ini nasib eks kiper klub Liga Italia (Serie A) AC Milan Jacopo Viola yang sempat dibidik peserta Liga 1 2020 Persib Bandung.

Kabar ketertarikan Persib untuk mendaratkan kiper baru, baik asing atau lokal, sempat mencuat pada paruh kedua Liga 1 2019 lalu.

Kala itu, dua kiper andalan Persib, yakni Muhammad Natshir dan I Made Wirawan mengalami cedera. Bahkan proses pemulihannya cukup memakan waktu.

Sehingga Persib hanya memiliki kiper ketiga yang masih muda bernama Muhammad Aqil Savik. Bahkan debutnya melawan Arema FC harus menelan pil pahit.

Pasalnya Aqil Savik harus kebobolan sebanyak lima kali. Manajemen bukannya tak percaya Aqil, tetapi Persib tengah memperbaiki performa di paruh kedua.

Sehingga Aqil belum waktunya untuk menanggung beban menjadi penjaga gawang Persib dengan cepat. Dirinya harus melalui proses yang matang.

Situasi tersebut membuat Manajer Persib Umuh Muchtar mengeluarkan pernyataan akan mendatangkan kiper baru untuk melapisi pos utama yang kosong.

Di masa bursa transfer seperti itu, muncul rumor di mana Persib tengah membidik kiper asing. Tak tanggung-tanggung, salah satunya ialah eks AC Milan.

Isu-isu tersebut muncul lewat unggahan di sejumlah akun media sosial Instagram yang turut memeriahkan pesta bursa transfer Liga 1 2019 paruh kedua.

Nama Jacopo Viola pun muncul. Kiper kelahiran Italia dengan tinggi 184 cm itu belum memiliki tim baru pasca dilepas klub Serie C-A Italia AC Gozzano.

Viola dikontrak hanya semusim sejak 17 November 2018 hingga 30 Juni 2019. Total tiga laga dengan tiga kebobolan dan satu nirbobol (clean sheet) dicatat oleh Viola.

Selain itu Viola juga merupakan eks kiper akademi AC Milan pada 2012-14. Selama dua musim di Primavera B, Viola hanya membuat satu laga dengan dua kemasukan.

Sempat berkelana ke Siena, Siracusa, Reggiana, dan Melfi, hingga akhirnya dirumorkan bakal berlabuh ke Persib. Viola pun turut angkat bicara.

Viola mengaku kalau dirinya sangat terhormat lantaran salah satu klub terbesar di Indonesia, tepatnya di luar Italia, tertarik padanya.

"Saya benar-benar dapat mempertimpangkan proposal dari klub Indonesia, terutama dari Persib Bandung," kata Viola kepada INDOSPORT, Agustus 2019.

© Instagram/@jacopoviola_gk
Eks kiper AC Milan U-19 Jacopo Viola. Copyright: Instagram/@jacopoviola_gkEks kiper AC Milan U-19 Jacopo Viola.

Baginya, bermain di Liga 1 nanti, akan menjadi sebuah pengalaman yang hebat sepanjang kariernya. Sebab kawasan Asia belum pernah dijajal Viola.

"Jika salah satu klub menghubungi saya, tentu saya bersedia jika membahas masalah kontrak bermain," ujar Viola.

Andai Persib nantinya benar-benar berniat mendatangkan Viola, maka harus ada pemain asing yang didepak pada paruh kedua Liga 1 2019 ini.

Sebab kala itu, jatah tiga pemain asing dari negara bebas dan satu kawasan Asia (3+1) telah diisi semua. Maka manajemen Persib turut berhati-hati.

Sampai pada akhirnya Persib lebih memilih untuk merekrut Dhika Bayangkara sebagai penjaga gawang pengganti Muhammad Natshir dan I Made Wirawan.

Rumor Jacopo Viola merapat ke Persib pun intensitasnya semakin menurun hingga penutupan akhir bursa transfer paruh musim Liga 1 2019 lalu.

Nasib Terkini

© Twitter/@MilanNext
Eks kiper AC Milan U-19 Jacopo Viola. Copyright: Twitter/@MilanNextEks kiper AC Milan U-19 Jacopo Viola.

Setelah Liga 1 2019 berakhir dan menetapkan Bali United sebagai juara, Persebaya Surabaya finish runner up, dan Persib mengakhiri musim di posisi enam.

Menjelang awal Liga 1 2020 pun rumor akan performa Viola tak membuat para peserta kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu melirik.

18 klub malah tengah berlomba memperbaiki sektor belakang, tengah, dan depan. Sedangkan urusan kiper tetap dipercayakan pada pemain lokal saja.

Jika dihitung, hampir 10 bulan, nasib Viola sejauh ini tak kunjung membaik, lantaran belum memiliki klub untuk kembali bernaung.

Hal tersebut disadur berdasarkan data situs penyedia statistik pemain, yaitu Transfemarkt. Namun aktivitasnya kerap dibagikan di akun media sosial Instagram Viola.

Terakhir, Viola memamerkan kalau dirinya tengah berlatih di sebuah kawasan meski Italia saat ini masih mengalami pandemi virus corona (COVID-19).