Liga Inggris

Terungkap, Sir Alex Ferguson Tak Pernah Pimpin Latihan Man United

Selasa, 12 Mei 2020 18:27 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Ryan Giggs Sebut Sir Alex Ferguson tak pernah Pimpin Latihan di Man United Copyright: © Getty Images
Ryan Giggs Sebut Sir Alex Ferguson tak pernah Pimpin Latihan di Man United

INDOSPORT.COM - Legenda Manchester United, Ryan Giggs mengungkapkan bahwa selama 24 tahun bergabung dengan Setan Merah belum pernah sekali melihat Sir Alex Ferguson memimpin sesi latihan.

Ryan Giggs merupakan pemain yang menghabiskan kariernya di Manchester United. Menjalani debut pertamanya di tim utama pada tahun 1990 silam.

Pria asal Wales gantung sepatu di Setan Merah pada tahun 2014. Setelah memutuskan pensiun, ia menjadi asissten  Louis van Gaal saat menjadi manajer Manchester United.

Bersama Manchester United, Ryan Giggs sudah banyak mengantongi gelar juara. 13 gelar Liga Inggris dan dua gelar Liga Champions pernah ia capai.

Dengan loyalitasnya bersama Man United, bisa dibilang Giggs sebagai legenda bagi publik Old Trafford. Sebab, dirinya melakoni penampilan terbanyak sepanjang masa hingga saat ini.

Selama kurang lebih 24 tahun menjadi seorang pesepakbola, Ryan Giggs puranya sudah mencatatkan lebih dari 900 penampilan di Manchester United dengan berbagai macam kompetisi.

Sangat jelas bahwa kunci dari kejayaan Man United berada pada perancang taktiknya, Sir Alex Ferguson dan pemain berusia 46 tahun ini merasakan kinerja dari sang pelatih.

Salah satu kesaksian Giggs bersama Sir Alex Ferguson selama bermain di Manchester United ini adalah kebiasaan tidak pernah datang dalam sesi latihan.

“Ferguson mengatur ritme, dia akan memberikan intruksi kepada pelatih apa yang harus dikerjakan pekan ini, tetapi sama sekali dia tak pernah memimpin sesi latihan, semua tergantung sang pelatih,” kata Giggs keada beIN Sport.

Giggs juga menambahkan bahwa Ferguson lebih sering terlibat dalam analisis tim lawan. Meski jajaran pelatih saat itu lebih sering menyiapkan taktik di sesi latihan.

“Ferguson lebih banyak terlibat di bagian analisis tim lawan, tetapi sebenarnya Steve McClaren, Bryan Kidd, Renee Meulensteen, Carlos Queiroz dan Mike Phelan lah yang menyiapkan taktik di sesi latihan,” tambahnya.

Penyataan yang dilontarkan Ryan Giggs tersebut mendapat persetujuan dari mantan pemain Man United lainnya yaki Mikael Silvestre yang mengatakan bahwa memang benar jika Ferguson tidak pernah sama sekali datang di sesi latihan tim.

Saat ini Ryan Giggs menjadi manajer dari tim nasional Wales sejak tahun 2018 hingga masa baktinya di 2022 mendatang. Ia juga menjadi salah satu pemilik klub Shalford United yang bermain di League Two Inggris.